Sukses

Hubungan Romantis Generasi Milenial di Media Sosial Tak Seindah Aslinya

Generasi milenial cenderung terlihat lebih sempurna di media sosial ketimbang aslinya

Liputan6.com, Jakarta Generasi milenial ternyata memiliki kecenderungan untuk berpura-pura terlihat bahagia di media sosial. Salah satunya adalah soal hubungan romantisnya.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh layanan konseling pasangan dan keluarga Relate, lebih dari separuh usia milenial dewasa (51 persen) berpura-pura bahwa hubungan mereka lebih bahagia daripada yang sebenarnya.

Selain itu, penelitian menunjukkan 42 persen responden yang merupakan generasi milenial, menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk memberikan kesan sempurna pada hubungan mereka.

Menurut pakar hubungan dan psikolog Madeleine Mason, ada beberapa alasan mengapa pasangan generasi milenial ingin terlihat menjadi "couple goals".

"Orang-orang menginginkan perhatian dan kisah-kisah positif cenderung dirayakan, disukai, dan dikomentari," kata Mason pada The Independent, mengutip dari Men's Health UK pada Jumat (9/11/2018).

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin memikirkan hal-hal yang baik

Dalam kasus lain, beberapa merasa tertekan untuk menampilkan kesuksesan karena takut tidak berhasil. Selain itu, ada juga orang yang ingin percaya bahwa hubungannya berjalan dengan baik.

"Jadi dengan mengkurasi gambar positif, mereka berusaha menipu diri mereka sendiri agar memikirkan hal yang baik-baik saja," ujarnya.

Menurut konselor Dee Holmes, terlihat bahwa ada banyak tekanan bagi hubungan romantis generasi milenial saat ini.

"Seperti ditunjukkan oleh penelitian kami, tampaknya ada banyak tekanan saat ini, terutama untuk kalangan generasi milenial demi memberikan kesan hubungan yang sempurna," ujar Holmes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.