Menkes Nila Puji Tangerang sebagai Kabupaten/Kota Sehat

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 05 Nov 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 05 Nov 2018, 12:15 WIB
Menkes Nila F Moeloek (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Tangerang Memperingati Hari Kesehatan Nasional 2018, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek memuji Tangerang sebagai kabupaten/kota yang sehat. Hal ini juga didukung Kota Tangerang yang beberapa kali menerima penghargaan.

"Beberapa kali penghargaan untuk Tangerang ini sebagai kabupaten/kota yang sehat. Pemerintah daerah dan jajarannya aktif melakukan pola pendekatan kota sehat di wilayahnya," ungkap Menkes Nila dalam sambutan Peresmian Pembukaan Pertemuan Kabupaten/Kota Sehat ke-4 Tahun 2018 di Kantor Walikota Tangerang, ditulis Senin (5/11/2018).

Menkes Nila juga memuji upaya Walikota Tangerang Arief R Wismansyah beserta jajarannya aktif mengajak masyarakat Tangerang untuk menerapkan pola hidup sehat. Salah satu upaya dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang yakni melakukan olahraga bersama masyarakat setempat.

Senam Sapa Sehat ini rupanya dilakukan rutin setiap hari Jumat. Kegiatan ini bentuk pengabdian untuk mewujudkan masyarakat Tangerang yang sehat. Sapa Sehat dilakukan di 36 puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Limbah dijaga sesuai kapasitas ambang normal

Menkes Nila
Menkes Nila puji Tangerang sebagai kabupaten/kota sehat. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Untuk mencegah penyebaran penyakit, Menkes Nila juga mengimbau kepada pelaku industri agar menjaga ambang batas buangan limbah di sungai yang ada di Tangerang. Ini juga menjadi catatan untuk para pelaku industri agar tidak mencemari sungai dengan limbah yang di atas ambang batas normal.

"Buat pelaku industri, tolonglah dijaga limbah (sesuai ambang batas normal). Karena kalau tidak dijaga, buangan limbah kan bisa menyebarkan berbagai penyakit (diare, gangguan pernapasan)," tambahnya.

Selain itu, penghargaan kabupaten/kota sehat yang disandang Tangerang diharapkan membawa dampak positif terhadap sistem manajemen sehat kota lain.

"Ini untuk mendukung paradigma sehat dan gerakan masyarakat hidup sehat. Jangan lupa melakukan aktivitas fisik dan makan sayur juga buah. Sesuai amanah dari presiden, pendekatan kabupaten/kota sehat ini menuju Indonesia sehat," tutup Menkes Nila.

Lanjutkan Membaca ↓