Sukses

Ukuran Payudara Kiri dan Kanan Tak Sama, Kenapa?

Hampir semua wanita memiliki payudara yang asimetris.

Liputan6.com, Jakarta Tak perlu takut atau cemas ketika mendapati ukuran payudara kiri dan kanan tak sama. Hampir semua wanita memiliki payudara yang asimetris.

"Mungkin hampir 100 persen wanita memiliki payudara yang asimetris," kata dokter spesialis bedah plasti asal New York, Daniel Mamam seperti dilansir Buzzfeed, Sabtu (3/11/2018).

Perbedaan ukuran payudara kiri dan kanan sangat beragam. Ada yang tidak terlihat, tapi ada juga yang signifikan perbedaannya.

"Bahkan, ada beberapa wanita yang memiliki perbedaan ukuran payudara kiri dan kanan sampai satu atau dua cup," kata profesor di pencegahan kanker yang juga Direktur Medis Cancer Prevention Center, Therese Bevers dilansir laman Self.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab

Perbedaan ukuran dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jaringan payudara dan bentuk payudara. Elasitisitas antara payudara kiri dan kanan juga turut memengaruhi tampilan dan ukuran.

Selain itu, faktor gen juga memengaruhi seberapa besar perbedaan ukuran payudara kiri dan kanan. Bila nenek dan ibu memiliki payudara terlihat jelas asimetris, tak heran bila Anda memiliki hal yang sama seperti disampaikan dokter Sherry Ross.

Namun, jika Anda mendapati perbedaan ukuran payudara secara mendadak, itu perlu menajdi catatan. Apalagi jika diikuti dengan gejalan lain seperti ada perubahwan warna di kulit payudara, penebalan dan muncul 'lesung'.

"Jangan panik, tapi lebih baik periksakan saja jika perubahannya terjadi mendadak," kata Bevers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.