Sukses

9 Cara Meninggikan Badan untuk Usia 20 Tahun ke Atas Secara Alami

Tinggi badan yang ideal jadi dambaan orang.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki postur tubuh yang tinggi menjadi idaman banyak orang. Selain membuat penampilan kebih menarik, tinggi badan yang ideal juga menambah kepercayaan diri seseorang. Pada umumnya, tubuh mengalami pertumbuhan tinggi dengan pesat saat usia 15 sampai 19 tahun. Setelah memasuki usia 20 tahun, menambah tinggi badan menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan. 

Pemahaman ini ternyata salah, karena kamu masih dapat menambah tinggi badan meskipun sudah memasuki usia 20 tahun lho. Tinggi badan memang dipengaruhi oleh faktor genetik, namun sebenarnya kamu tetap dapat menambah tinggi badan dengan memiliki taktik dan cara meninggikan badan dengan tepat. 

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Minggu (4/11/2018) beberapa cara meninggikan badan untuk usia 20 tahun keatas secara alami.

Cara meninggikan badan untuk usia 20 tahun dengan olahraga

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Gerakan meregangkan tangan lurus ke atas.

Gerakan dengan meregangkan tangan lurus ke atas akan melenturkan tulang-tulang gerak, serta memperbaiki postur tubuh. Gerakan ini memicu tulang-tulang untuk merenggang dan menyempit. Peregangan ini juga bagus untuk peregangan tubuh. Cara meninggikan badan dengan gerakan ini sangat mudah untuk dipraktikkan. Caranya:

- Rekatkan kedua telapak tangan, tekuk, lalu dorong ke atas.

- Luruskan sambil meregangkan badan, sebaiknya dilakukan sambil berjinjit.

- Tahan 1-2 menit lalu lemaskan. Ulangi gerakan hingga 10 kali.

3 dari 10 halaman

2. Melenturkan kaki dengan gerakan menendang ke depan

Gerakan ini akan membuat otot kaki merenggang dan secara otomatis akan menambah tinggi badan. Meski terkesan sederhana gerakan ini bisa membantu cara meninggikan badan untuk usia 20 tahun keatas. Caranya:

- Berdiri di lantai dengan kaki lurus sejajar bahu.

- Angkat satu kaki, luruskan paha sejajar dengan lantai, kemudian kerahkan tenaga untuk melalukan gerakan menendang ke depan tanpa menggerakkan paha.

- Lakukan gerakan ini secara bergantian kaki kiri dan kanan, masing-masing 10 kali selama 2-3 menit.

4 dari 10 halaman

3. Yoga dengan warrior pose

Gerakan warrior pose dalam yoga dapat membantu mengencangkan otot lengan, paha dan pundak. Cara meninggikan badan untuk usia 20 tahun keatas dengan gerakan ini adalah:

- Berdiri tegak dan rentangkan kaki.

- Rentangkan tangan di samping badan sejajar dengan pundak. Tekuk badan ke satu sisi hingga seluruh berat badan bertumpu pada salah satu kaki.

posisikan satu kaki di depan sambil ditekuk.

- Dorong kedua tangan jauh ke atas hingga tubuh tertarik sempurna dengan posisi tegak.

- Tahan selama 1-2 menit lalu bergantian kaki kanan dan kiri di depan.

5 dari 10 halaman

4. Gerakan mencium lutut sambil berdiri

Gerakan ini dapat melenturkan tulang belakang juga merangsang pertumbuhan badan. Ini bisa digunakan sebagai cara meninggikan badan untuk usia 20 tahun keatas secara alami. Caranya:

- Berdiri tegak di lantai.

- Cobalah untuk membungkuk dan mencoba menyentuh jari-jari kaki perlahan, usahakan posisi kaki tetap lurus.

- Lakukan selama 1-2 menit atau semampumu, ulangi hingga 5 kali.

6 dari 10 halaman

5. Triangle pose

Gerakan ini juga bisa digunakan sebagai cara meninggikan badan untuk usia 20 tahun keatas secara alami. Pasalnya gerakan ini akan memperkuat paha, lutut, pergelangan kaki. Badan pun menjadi lentur dan memanjang. Caranya:

- Berdiri dengan kedua kaki direnggangkan.

- Rentangkan tangan ke samping sejajar dengan pundak dan usahakan dalam posisi lurus.

- Bawa tangan kanan menuju bawah tepat di belakang kaki. Dan secara bersamaan angkat tangan kiri ke udara.

- Lakukan bergantian dan tahan selama 1-2 menit.

7 dari 10 halaman

6. Gerakan basic leg stretch

Cara meninggikan badan untuk usia 20 tahun keatas secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan gerakan basic leg stretch. Gerakan ini akan membuat punggung dan tulang kaki tertarik maksimal. Caranya:

- Duduk dengan posisi kaki terpisah sejauh mungkin satu sama lain.

- Raih ujung kaki dengan tangan, upayakan untuk menjaga lutut tetap lurus dan hanya bergerak dari pinggul.

- Lakukan bergantian dan tahan selama kamu bisa.

- Ingat, jangan melengkungkan tulang belakang bagian atas.

8 dari 10 halaman

7. Skipping

Suka main lompat tali? Maka ini kabar gembira buatmu. Pasalnya, olahraga ringan ini bisa digunakan sebagai cara meninggikan badan untuk usia 20 tahun secara alami lho. Caranya:

- Lakukan skipping minimal 100 kali setiap hari dengan jeda tiap 5 hari.

- Jadi dalam seminggu lakukan 5 hari berturut-turut, dan istirahat 2 hari.

9 dari 10 halaman

8. Basket

Basket memang efektif bisa membantu proses pertumbuhan tulang. Olahraga ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai cara meninggikan badan untuk usia 20 tahun.

10 dari 10 halaman

Cara meninggikan badan untuk usia 20 tahun dengan menjaga gaya hidup

Selain berolahraga, cara meninggikan badan untuk usia 20 tahun juga harus dibarengi dengan menjaga gaya hidup yang sehat. Diantaranya adalah dengan menjalani pola tidur yang sehat. Pasalnya, pola tidur yang tidak sehat menyebabkan metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik dan dapat menyebabkan hormon pertumbuhan menjadi berhenti terlalu cepat. Jangan begadang dan tidur cukup antara 7-8 jam perhari. Jangan tidur larut malam dan jangan kebanyakan tidur juga

Selain itu penting untuk mencukupi asupan gizi. Untuk menambah tinggi badan apalagi usia 20 tahunan, kamu tidak bisa hanya dengan mengandalkan olahraga, gaya hidup sehat, dan pola tidur yang sehat. Kamu harus mengejar kekurangan nutrisi yang selama ini tidak tercukupi. Nutrisi tersebut antara lain, Asam Amino, Kalori, Nutrisi makanan, dan kalsium.

Untuk memenuhi kecukupan protein dan asam amino, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti ikan tongkol, salmon, ikan tuna, kacang-kacangan, putih telur dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.