Sukses

Apakah di Awal Kehamilan Pasti Mual?

Sekitar 90 persen ibu hamil mengalami mual dan sakit kepala di awal kehamilannya.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang dialami ibu di awal kehamilan adalah mual dan muntah. Biasanya kondisi ini terjadi di trimester pertama kehamilan. Lalu, apakah di minggu pertama kehamilan sudah langsung mual-mual?

Menurut dokter kandungan di RS Mount Sinai, Amerika Serikat, Alan Adler, biasanya ibu mengalami mual dan sakit kepala di usia kehamilan sekitar enam minggu.

"Sebanyak 90 persen ibu hamil mengalami mual dan sakit kepala, hal ini karena meningkatnya level hormon hCG," kata Alan seperti dilansir laman Momtastic.

Di usia kehamilan enam minggu, hormon human chorionic gonadotropin (hCG) ini naik drastis.

 

Kondisi mual dan muntah ini membuat ibu jadi tak nafsu makan padahal janin membutuhkan asupan makanan. Itu sebabnya dokter kerap menyarankan sebelum merencanakan kehamilan ibu dianjurkan untuk mengonsumsi banyak asam folat.

"Jika memiliki 'tabungan' asam folat cukup banyak makan bisa tetap memenuhi asupan nutri untuknya dan janin saat dalam kondisi mual," kata Alan.

Konsumsi vitamin B6 juga dapat membantu memenuhi nutrisi. Sangat dianjurkan untuk ibu yang mengalami mual, makan lebih sedikit namun sering.

Biasanya cara ini meminimalisir risiko muntah. Mencium aromaterapi yang menenangkan, jeruk, sitrus atau lavender, juga bisa meredakan mual dan muntah.

 

Penulis: Mutia/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.