Sukses

5 Tanda Instagram Sudah Mengganggu Kehidupan Anda

Beberapa pertanda berikut bisa berarti media sosial Instagram sudah mempengaruhi kehidupan dan kesehatan Anda secara negatif

Liputan6.com, Jakarta Membuka media sosial seperti Instagram sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat kita. Terutama, mereka yang dikategorikan sebagai generasi milenial.

Sayangnya, Instagram tidak hanya menghubungkan kita dengan orang lain, tetapi juga membuat kecanduan. Bahkan, orang kadang lupa bahwa mereka berada dalam lingkungan yang nyata ketika sudah menggunakan media sosial ini secara berlebihan.

Mengutip Times of India pada Rabu (31/10/2018), paling tidak ada lima tanda bahwa kebiasaan bermain media sosial seperti Instagram, buruk bagi kehidupan Anda.

1. Mengunggah terlalu pagi

Jika Anda mengunggah sebuah stories atau foto di pagi hari, percayalah hal tersebut sudah mempengaruhi rutinitas. Ini karena pagi hari dianggap paling produktif untuk melakukan apapun. Namun, Anda malah membuang waktu di Instagram.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak percaya diri dan kurang tidur

2. Menggunakan terlalu banyak filter

Filter dibuat sebuah foto untuk terlihat lebih bagus. Sedikit tidak masalah. Namun, jika terlalu banyak, Anda terlihat seperti memiliki masalah kepercayaan dan harga diri. Orang lain menjadi tidak bisa mengenal Anda secara nyata.

3. Kurang tidur

Kurang tidur karena asyik membuka Instagram hingga pukul dua pagi jelas membuat masalah kesehatan menjadi lebih berisiko mendatangi Anda. Sehingga, lebih baik jauhkan ponsel sebelum tidur.

 

3 dari 3 halaman

Muncul rasa bosan dan khawatir

4. Bosan jika tidak menggunakan ponsel

Jika Anda bosan ketika ponsel sedang diisi baterainya, mungkin ini benar-benar menghambat kehidupan sosial Anda. Lebih baik, isilah waktu jeda dengan sesuatu yang lebih bermanfaat seperti olahraga atau membaca buku.

5. Melihat setiap komentar dan suka

Masalah kesehatan mental bisa muncul dari rasa khawatir tentang berapa banyak orang yang menyukai atau mengomentari unggahan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.