Sukses

Bagi Wanita Usia Lanjut, Yoga Bermanfaat Tingkatkan Kesehatan Seksual

Yoga dilaporkan meningkatkan kehidupan dan kesehatan seksual para wanita yang berusia lanjut

Liputan6.com, Jakarta Yoga merupakan salah satu olahraga yang saat ini banyak dilakukan oleh orang-orang. Terutama, bagi mereka yang hanya punya sedikit waktu dan ruang untuk latihan fisik.

Namun, selain kesehatan, yoga juga bermanfaat bagi kesehatan seksual seseorang. Mengutip Medical News Today pada Senin (29/10/2018), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan, yoga dapat meningkatkan fungsi seksual, terutama pada wanita di atas 45.

Salah satunya adalah pose yoga segitiga. Pose ini merupakan salah satu gerakan yang terbukti meningkatkan fungsi seksual, terutama pada wanita pada usia lanjut.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keinginan dan gairah seks lebih baik

Studi tersebut meneliti efek 12 minggu melakukan yoga pada 40 wanita. Mereka nantinya melaporkan kehidupan seksual mereka sebelum dan sesudah yoga.

Setelah periode tersebut, fungsi seksual mereka meningkat secara signifikan. Terutama dalam Indeks Fungsi Seksual Wanita yang meliputi: keinginan, gairah, lubrikasi, orgasme, kepuasan, dan rasa sakit.

75 persen wanita melaporkan peningkatan kehidupan seksual mereka setelah latihan yoga.

Dalam penelitian tersebut, seluruh wanita dilatih yogasanas. Pose ini diyakini bisa meningkatkan otot perut inti, memperbaiki pencernaan, memperkuat dasar panggul, dan memperbaiki suasana hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.