Bukan Hanya Ikan, 4 Makanan Ini Bantu Anak Lebih Cerdas

Oleh Liputan6.com pada 29 Okt 2018, 08:02 WIB
Diperbarui 31 Okt 2018, 07:13 WIB
Ilustrasi Anak Jenius (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Kecerdasan anak tak hanya didapat melalui ilmu pengetahuan yang didapatnya di sekolah atau di rumah. Kecerdasan anak juga ikut dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang baik.

Asupan nutrisi yang baik bermanfaat mencerdasrkan otak antak. Laman Vemale.com melansir Parents.com, berikut makanan yang membantu mencerdaskan otak anak.

1. Ikan

Makanan pertama yang mencerdaskan otak anak adalah ikan. Ikan mengandung asam lemak dan omega 3 yang sangat baik buat kecerdasan juga kesehatan otak. Nutrisi yang terkandung di dalam ikan juga sangat baik buat tumbuh kembang anak.

2. Telur

Makanan selanjutnya yang bantu mencerdaskan otak anak adalah telur. Telur adalah makanan kaya protein. Di dalam kuning telur bahkan mengandung kolin yang sangat baik untuk perkembangan otak.

3. Sayuran Berwarna

Tomat, wortel, kubis, labu, brokoli adalah sayuran yang kaya akan antioksidan dan sangat baik dalam mencerdaskan otak anak. Sayuran-sayuran ini bahkan sangat baik dalam meningkatkan tumbuh kembang fisik maupun psikis anak. Sayuran juga dipercaya bisa mencegah beragam penyakit salah satunya kanker.

4. Susu atau olahannya

Susu dan olahannya sangat baik dalam mencerdaskan otak anak. Susu mengandung protein tinggi, vitamin D dan vitamin B yang berperan aktif dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel di otak.

5. Kacang Hijau

Makanan lainnya yang juga bermanfaat baik untuk fungsi otak anak adalah kacang hijau. Kacang hijau mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, mangan, fosfor, tembaga dan thiamin yang semuanya penting bagi kesehatan tubuh khususnya penting bagi otak.

Itulah beberapa makanan yang bernutrisi tinggi untuk membantu mencerdaskan otak anak. Semoga informasi ini bermanfaat dan sajikan makanan-makanan ini untuk buah hati ya mom.

Reporter: Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com