Sukses

Pasangan Alami Depresi, Lakukan 7 Hal Ini (2)

Depresi bisa membuat lebih rumit sebuah hubungan. Karena itu, hal ini harus Anda lakukan jika pasangan mengalaminya

Liputan6.com, Jakarta Depresi merupakan suatu hal yang bisa membuat sebuah hubungan menjadi lebih rumit. Bahkan, menurut terapis di The Family Institute di Northwestern University, Heather Lofton mengatakan, depresi bisa membuat hubungan mengarah pada stres.

Melansir Women's Health pada Minggu (28/10/2018), ada beberapa hal yang bisa membantu pasangan ketika dia sedang bergumul dengan depresinya.

5. Mempertimbangkan konseling pasangan

Jangan memaksa pasangan yang sedang mengalami depresi untuk pergi ke konseling karena biasanya itu tidak akan berhasil. Namun, Anda bisa datang sendirian atau mendatangi konseling pasangan.

Anda bisa bicara dengan pihak ketiga tentang bagaimana depresi mempengaruhi hubungan dan apa yang Anda lakukan sebagai sebuahpasangan dalam mengelolanya.

Namun, menurut konselor pernikahan dan keluarga Lisa Marie Bobby, jika itu tidak berhasil, cobalah untuk mendatangi konseling sendirian. Anda bisa mempelajari strategi untuk bisa menjalani hubungan tersebut dengan cara yang sehat. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

 6. Nilai kembali masa depan Anda

Bobby mengatakan, sangat mungkin seseorang dengan depresi bisa pulih. Namun, jika dia tidak secara aktif mencari bantuan dalam berbagai cara seperti konseling, pengobatan, atau perubahan gaya hidup, ini bisa mempengaruhi kesehatan mental Anda juga.

Karena itu, dia menyarankan apabila hubungan tidak bisa berlangsung seperti itu, Anda harus mengakhirinya sebelum menyiksa diri Anda sendiri.

 

3 dari 3 halaman

7. Ketahui apa yang Anda butuhkan

Saran untuk memutuskan hubungan mungkin terdengar buruk. Namun, bukan berarti itu membuat Anda menjadi orang yang jahat.

"Tidak masalah untuk memperhatikan diri sendiri, untuk membuat keputusan yang sehat bagi Anda," kata Bobby.

Hal tersebut membutuhkan rasa percaya diri yang kuat. Namun, Anda masih bisa mempertahankan hubungan dengan dirinya, apabila dia membutuhkan bantuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.