Bad Mood Bisa Disebabkan oleh 8 Masalah Kesehatan Ini, Apa Saja?

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 28 Okt 2018, 15:00 WIB
Diperbarui 28 Okt 2018, 18:15 WIB
Ilustrasi pria menangis (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Bad mood merupakan hal yang sering dialami oleh semua orang. Namun, mengalami suasana hati yang buruk tentu saja juga tidak baik untuk kesehatan.

Bahkan, beberapa masalah kesehatan ternyata juga mungkin saja menjadi penyebab dari bad mood itu sendiri. Mengutip Times of India pada Minggu (28/10/2018), berikut ini beberapa penyakit yang bisa menimbulkan suasana hati yang buruk.

1. Nyeri kronis

Nyeri kronis sering dikaitkan dengan rasa tidak nyaman. Untuk melawannya, pasien seringkali diberikan obat penghilang rasa sakit yang menyebabkan naik turunnya suasana hati serta bad mood.

2. Diabetes tahap awal

Diabetes tahap awal bisa memicu emosi Anda. Ketidakseimbangan kadar gula menyebabkan ketidakcocokan tingkat serotonin, zat kimia otak yang berpengaruh pada emosi.

Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 4 halaman

Kurang vitamin D dan PMDD

Anak menangis (iStock)
Beberapa masalah kesehatan ini bisa bikin Anda bad mood (iStockphoto)

3. Kekurangan vitamin D

Vitamin D tidak hanya penting untuk kesehatan namun juga baik dalam melawan perubahan suasana hati. Karena itu, cobalah untuk lebih sering mendapat sinar matahari jika sering merasa kesal atau marah.

4. PMDD

Bukan hanya PMS (Premenstrual syndrome) yang bisa menyebabkan seorang wanita merasa bad mood. Namun, Premenstrual Dysphoric Disorder atau PMDD bisa membuat Anda merasa gelisah, mudah tersinggung, dan sulit melanjutkan pekerjaan.

Walaupun siklus menstruasi terkait dengan hormon yang berfluktuasi dan dianggap normal, namun PMDD membutuhkan pengobatan dan perubahan gaya hidup untuk mengurangi gejalanya.

 

3 dari 4 halaman

Masalah tiroid dan kurang gerak

Menangis
Beberapa masalah kesehatan ini bisa bikin Anda bad mood (iStockphoto)

5. Tiroid

Memiliki tingkat tiroid yang tinggi bisa berbahaya. Salah satu gejala dari hipertiroid adalah berubahnya suasana hati yang naik turun. Ini karena Anda menjadi sulit berkonsentrasi dan kerap gelisah.

6. Kurang olahraga

Jika Anda tidak cukup bergerak, bukan hanya tubuh yang menderita. Namun, mood juga bisa memburuk. Olahraga menginduksi "hormon bahagia" yang bisa menurunkan tingka depresi, kecemasan, dan membuat Anda merasa lebih baik.

Berjalan 10 menit bahkan bisa mengubah suasana hati yang buruk untuk menjadi lebih baik.

 

4 dari 4 halaman

Stroke dan alergi

Ibu sedih tinggalkan bayi saat harus kembali bekerja (iStockphoto)
Beberapa masalah kesehatan ini bisa bikin Anda bad mood (iStockphoto)

7. Stroke

Stokre mengubah kondisi otak yang memberikan sinyal yang tercampur. Hal ini menyulitkan informasi dan emosi yang dirasakan, dengan cara yang benar.

Karena itu, dalam situasi semacam ini seringkali suasana hati memburuk dan kemarahan sering terjadi. Untuk ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

8. Alergi

Beberapa alergi bisa menyebabkan rasa jengkel. Ini membuat mood menjadi naik turun. Anda bahkan bisa mengalami ganggunan tidur. Mereka juga mempengaruhi kekebalan yang membuat seseorang bisa merasa sedih setiap saat.

Lanjutkan Membaca ↓