6 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah dan Tanpa Efek Samping

Oleh Septika Shidqiyyah pada 28 Okt 2018, 12:00 WIB

Diperbarui 25 Sep 2019, 15:17 WIB

cara mengecilkan perut

Liputan6.com, Jakarta Badan langsing dengan perut ramping merupakan impian semua orang. Namun tak semua orang bisa memiliki perut yang indah seperti itu. Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang amburadul merupakan faktor utama yang dapat mengakibatkan perut menjadi buncit. Selain membuat tidak percaya diri, perut buncit juga bisa berpengaruh pada kesehatan. Nggak heran, beragam cara mengecilkan perut dilakukan oleh orang-orang.

Salah satu cara mengecilkan perut buncit yang diklaim efektif adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis disebut bisa mengikis penumpukan lemak karena tinggi akan vitamin C serta serat makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga membantu seseorang untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis ini dijamin lebih aman daripada mengecilkan perut dengan obat-obatan yang memiliki kandungan yang berbahaya buat tubuh. Sebelum mengetahui cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis, yuk cari tahu dulu apa penyebab perut buncit.

Penyebab perut buncit sangat banyak. Sayangnya, penyebab-penyebab tersebut seringkali dilakukan secara sadar. Menjaga bentuk tubuh yang ideal tentu bukan perkara yang mudah. Menjaga pola hidup yang sehat dan teratur membutuhkan dedikasi yang tinggi. 

2 of 8

Penyebab perut buncit

cara mengecilkan perut
makan sebelum tidur (sumber: unsplash)

1. Jarang berolahraga

Banyak sekali penyebab mengapa kamu bisa memiliki perut buncit. Salah satunya adalah jika kamu jarang sekali berolahraga sehingga lemak tertimbun karena otot-otot pada bagian tersebut paling jarang digunakan dan dilatih sehingga pembakaran lemak dan kalori yang terjadi di sana sangat minimal. Hal tersebut tentu akan membuat perut semakin buncit. Apalagi jika kamu hanya duduk, makan, beraktifitas di depan komputer, laptop, maupun gadget lainnya seharian.

2. Mengonsumsi makanan ringan

Meski kelihatannya remeh, tapi keseringan nyemil juga ikut andil dalam membuat perut menjadi buncit lho. Hindarilah makanan-makanan ringan yang banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan berlebihan.

Makanan ringan atau snack banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan kimia yang tidak akan dicerna secara baik oleh sistem pencernaan kita. Hal ini tentu akan menyebabkan usus terganggu.

3. Makan sebelum tidur

Apakah kamu selalu merasa lapar sebelum tidur atau tidak bisa tidur dalam keadaan lapar? Sebenarnya tubuh memang secara alami membakar sebagian timbunan lemak saat tidur, namun jika kamu tidur dalam keadaan perut penuh maka tubuh tidak akan membakar secara efisien. Hal tersebut, tentu akan semakin menambah timbunan lemak di perut.

Tidak hanya makan sebelum tidur saja, bahkan berbaring ketika perut dalam keadaan kenyang dapat menyebabkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Hal itu terjadi karena perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak mampu menarik makanan di perut menuju ke bawah.

Oleh karena itu, jangan jadikan makan sebelum tidur sebuah kebiasaan. Setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur. Hindarilah langsung berbaring usai makan. Jika memang dalam keadaan lapar sebelum tidur, konsumsilah buah-buahan yang tentu saja lebih menyehatkan. Perubahan kebiasaan ini merupakan cara mengecilkan perut secara alami.

4. Kurang tidur

Idealnya memang orang dewasa harus mendapatkan waktu tidur 7 hingga 8 jam setiap malam. Ketika kamu tidur kurang dari jam tersebut, maka tingkat kortisol (hormon stres) akan meningkat dan menyebabkan kamu mengonsumsi makanan dengan tingkat gula yang berlebih untuk menggantikan tenaga yang tidak didapat karena kurang tidur.

Dengan tidur cukup dan berkualitas setiap malamnya, kamu dapat menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus meningkatkan produksi leptin (hormon yang dapat membuat kamu mengontrol nafsu makan).

Setelah mengetahui penyebabnya, penting untuk mengubah gaya hidup tersebut agar bisa mendaptkan perut ramping. Selain itu berikut ini beberapa cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (28/10/2018).

3 of 8

1. Jeruk nipis

Cara mengecilkan perut buncit adalah dengan mengonsumsi 1 buah jeruk nipis setiap hari disebut-sebut sangat efektif untuk membakar timbunan lemak yang sulit dihilangkan pada area perut, pinggul, pantat, dan juga paha. Caranya, peras 1 buah jeruk nipis dan campurkan pada segelas air hangat. Jangan pakai tambahan gula ya.

4 of 8

2. Jeruk nipis dan teh hijau

cara mengecilkan perut
(sumber: unsplash)

Jeruk nipis dan teh hijau adalah dua bahan yang mengandung vitamin C serta antioksidan yang tinggi. Dengan dua bahan ini, kamu bisa membuat ramuan yang sehat sebagai cara mengecilkan perut secara alami.

Cara membuatnya, peras 1 buah jeruk nipis sampai dan masukkan ke dalam gelas. Seduh teh hijau dengan air panas, kemudian campurkan perasan jeruk nipis, aduk secara merata tanpa diberi gula.

Minumah ramuan jeruk nipis dan teh hijau sebanyak 2 kali setiap harinya secara teratur. Ramuan ini akan membantu membakar lemak pada tubuh. Dengan minuman ini kamu bisa tahu cara mengecilkan perut buncit dengan mudah.

5 of 8

3. Jeruk nipis dan madu

cara mengecilkan perut
(sumber: unsplash)

Cara mengecilkan perut bisa dilakukan dengan mengonsumsi jeruk nipis dan madu. Madu sejak dulu juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan perut buncit. Jeruk nipis dan madu menjadi cara mengecilkan perut secara alami karena bisa membantu mendorong pembakaran lemak agar semakin maksimal. Caranya, tambahkan 1 sendok teh madu dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis dalam 1 gelas air hangat. Minum campuran ini setiap pagi saat perut kosong untuk menghilangkan lemak dan mendetoksifikasi tubuh.

6 of 8

4. Jeruk nipis, jahe, teh hijau

cara mengecilkan perut
(sumber: unsplash)

Campur 2 sendok makan perasan jeruk nipis dengan 1/2 sendok teh jahe bubuk ke dalam 1 cangkir teh hijau panas. Tambahkan juga dengan 1/2 sendok teh maple sirup atau madu. Minum teh ini sebanyak 2 kali sehari sebagai cara mengecilkan perut.

7 of 8

5. Jeruk nipis, serai dan teh

Bahan dapur lainnya yang bisa digunakan sebagai cara mengecilkan perut buncit adalah serai. Caranya, potong 3 batang serai menjadi 4 bagian lalu digeprek. Iris 2 butir jeruk nipis tipis-tipis berbentuk bulat. Lalu masukkan satu kantong teh celup yang sesuai dengan selera. Tambahkan 5 gelas air lalu rebus hingga takarannya menjadi kira-kira 2 gelas air. Setelah itu diamkan sampai dingin, Untuk hasil yang optimal konsumsi setiap hari pada pagi dan malam hari.

8 of 8

6. Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis melalui perawatan luar

Selain perawatan dari dalam, cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis juga bisa dilakukan dengan perawatan dari luar.

Bahan-bahan yang harus disediakan adalah satu buah jeruk nipis segar, kapur sirih secukupnya, dan minyak kayu putih. Pertama, peras jeruk nipis hingga mendapatkan sari jeruk nipis kemudian campur dengan minyak kayu putih. Terakhir tambahkan kapur sirih dan aduk semua bahan menjadi satu hingga merata. Setelah ramuan siap balurkan pada perut dan tunggu beberapa saat hingga mengering. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan perut ramping idaman.

Lanjutkan Membaca ↓