Sukses

Pesta Olahraga Atlet Disabilitas Jadi Ajang Edukasi untuk Anak dan Para Orangtua Indonesia

Pesta Olahraga Atlet Disabilitas menjadi momen edukatif bagi orangtua untuk mendidik anak-anak tentang banyak hal.

Liputan6.com, Jakarta Ajang Pesta Olahraga Atlet Disabilitas Terbesar se-Asia 2018 beberapa waktu lalu telah memberikan hikmah yang sangat besar untuk anak-anak, orangtua, dan keluarga Indonesia seutuhnya.

Kita disajikan bagaimana Para Atlet dengan keterbatasan fisik begitu gigih dan bersemangat juang untuk membela dan mengharumkan negara lewat cabang olah raga. Ajang ini sekaligus menjadi momen edukatif bagi orangtua untuk mendidik anak-anak tentang banyak hal. Termasuk, bagi mereka dengan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Memang, setiap orangtua tentu menginginkan anak yang sehat, aktif, dan cerdas? Namun, harapan tak melulu selalu terwujud. Tak sedikit orangtua dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang merasa mimpinya hancur.

Padahal, menurut para pakar psikologi, kunci dari penanganan anak berkebutuhan khusus kuncinya adalah satu, yaitu menerima kenyataan. ABK merupakan anak dengan tumbuh kembang special, dalam artian memiliki beberapa perbedaan dengan anak normal.

Perbedaan tersebut antara lain dalam hal bermain, belajar, dan bersosialisasi. Karena hal itulah  pola penanganan yang tepat pada ABK bisa membangun rasa percaya diri serta menggali potensi dan bakat mereka sesungguhnya.

Selalu berikan mereka inspirasi walaupun dalam segala keterbatasan

Amat penting memberikan motivasi, perhatian, serta bimbingan lebih kepada ABK. Dengan perhatian dan motivasi yang besar dan intens tentunya membantu anak bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Memang bukan hal mudah dan tentu butuh kesabaran ekstra bagi orangtua menangani anak-anak berkebutuhan khusus, namun semua itu demi perkembangan anak yang lebih maksimal. Ajang Pesta Olahraga Atlet Disabilitas Terbesar se Asia 2018 bisa menjadi cara menularkan semangat bahwa mereka bisa juga berprestasi kelak.

Ajari anak untuk mengeksplor keterampilan dan bakatnya

Orangtua dengan ABK tentu membutuhkan energi ekstra ketika mendidik anak-anaknya. Kita tidak boleh merasa lelah karena sudah menjadi sebuah kewajiban bagi orangtua untuk mendampingi dan mendidiknya.

Isi waktu luang Anda bersama mereka  untuk pergi rekreasi atau membuat keterampilan yang dapat membantu fokus serta konsentrasi anak. Dari hal-hal semacam ini, anda bisa mengetahui potensi yang dimiliki anak sehingga membuat anak menjadi lebih produktif. Kita tak akan pernah tahu bukan tidak mungkin anak Anda adalah salah satu yang akan mengharumkan nama bangsa di kemudian hari seperti Para Atlet peraih medali.

NIVEA percaya bahwa kasih sayang Ibu tanpa batas dan setiap anak merupakan anugerah terindah dari Tuhan. Sekecil apapun Sentuhan Ibu semenjak kita dilahirkan akan terus ada dalam memori setiap anak dan memiliki dampak positif pada tumbuh kembang anak serta menentukan masa depannya kelak.

Untuk itulah, sejak akhir tahun 2015 lalu, NIVEA bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Diri dan komunitas Kemuning Kembar berkomitmen untuk memulai program NIVEA #SentuhanIbu. Sebuah program yang ditujukan untuk memberikan pendampingan pelatihan bagi para Ibu dengan anak berkebutuhan khusus.

NIVEA percaya pemberdayaan ibu menjadi kunci penting untuk menyelesaikan masalah disabilitas secara nasional. NIVEA #SentuhanIbu merupakan komitmen NIVEA yang ingin secara aktif berkontribusi untuk memperkuat lingkungan sosial dengan mendukung para ibu dengan anak ABK, sehingga mereka dapat mengembangkan rasa percaya diri, memperoleh keterampilan dan pengetahuan serta mengembangkan potensi anak dan keluarga yang kuat.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini