Kiat Biar Ibu Baru Sukses Berikan ASI Eksklusif

Oleh Benedikta Desideria pada 26 Okt 2018, 10:00 WIB
Ilustrasi ibu hamil (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Setiap ibu-ibu masa kini sebagian besar sudah memahami pentingnya memberikan ASI eksklusif ke buah hati. Sehingga, pasti ingin 'lulus' memberikan ASI selama enam bulan pertama kehidupannya.

Namun, banyak ibu yang juga mendengar kegagalan pemberian ASI eksklusif walau sudah berusaha sekuat mungkin. Nah, bagi Anda calon ibu atau wanita yang sedang hamil konselor laktasi Ameetha Drupadi berbagi tips agar bisa sukses ASI eksklusif.

"Yang paling utama itu adalah pengetahuan. Ada baiknya dipelajari saat hamil," itu pesan pertama dan utama yang disampaikan Ameetha dalam peluncuran suplemen pelancar ASI, Lactaboost di Jakarta Pusat.

Calon ibu bisa secara perlahan-lahan mempelajari cara menyusui yang baik, pelekatan yang betul hingga teknik menyusui. Lalu, mulai mempelajari kendala-kendala apa saja yang mungkin terjadi saat menyusui nanti.

"Jadi, kalau dari hamil sudah tahu kendalanya, sudah bisa diatasi terlebih dahulu atau sudah tahu cara mengatasinya nanti," tutur wanita lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara ini.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 of 2

Dukungan suami dan keluarga

Ilustrasi ibu hamil (iStock)
Ilustrasi ibu hamil (iStock)

Kesuksesan pemberian ASI eksklusif tak terlepas dari dukungan keluarga, terlebih suami. Bahkan, suami merupakan pendukung nomor satu. Misalnya saat nanti anak lahir bakal membantu memijat, memberi ASI, mengganti popok dan aneka hal lainnya.

Lalu, pastikan juga ibu memiliki niat yang kuat dan tak perlu galau. "Pikiran ibu harus rileks hindari dari kegalauan dengan cukup memiliki informasi," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓