Ibu Baru Menyusui, Kenali Tanda Bayi Cukup ASI

Oleh Benedikta Desideria pada 25 Okt 2018, 16:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:54 WIB
Ibu Menyusui (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Ibu yang baru pertama kali memberikan air susu ibu (ASI) kerap diliputi rasa cemas atau khawatir. Salah satunya mengenai kecukupan bayi minum ASI.

Menurut konselor laktasi Ameetha Drupadi, bila ibu menyusui secara langsung dan dengan pelekatan yang benar, biasanya kebutuhan ASI bayi di bulan-bulan pertama kehidupan sudah cukup. Selain itu, perhatikan juga tanda-tanda lain yang menunjukkan asupan ASI si Kecil sudah terpenuhi.

Paling tidak ada tiga tanda yang menunjukkan bayi sudah cukup ASI, yakni:

1. Bayi tidur usai menyusu

"Biasanya, sesudah 20 menit menyusu atau ketika dia kenyang, akan membuatnya lebih tenang dan nyaman, ia akan melepaskan (mulut) dari payudara ibu dan akan tertidur. Itu tanda cukup ASI," tutur Ameetha.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 of 2

2. Perhatikan frekuensi buang air kecil

Bayi Meninggal
Ilustrasi Bayi (iStockphoto)

"Pada bayi yang berusia lebih dari lima hari, minimal dalam sehari ia pipis enam kali," kata Ameetha saat peluncuran suplemen alami pelancar ASI, Lactoboost, di Jakarta Pusat pada Rabu (24/10/2018).

Jika frekuensi pipis si Kecil kurang dari itu dan disertai demam berati tanda ia dehidrasi. Salah satu penyebab dehidrasi pada anak karena kurang cairan ASI seperti disampaikan wanita lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara ini.

3. Kenaikan berat badan bayi

Pantau terus berat badan bayi dalam sebulan. Pada umumnya, bayi usia nol sampai sebulan mengalami kenaikan berat badan sekitar 30 gram per hari.

"Berarti dalam sebulan kenaikan berat badannya 600-900 gram," katanya .

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by