Sukses

Ibu Baru Menyusui, Kenali Tanda Bayi Cukup ASI

Jangan cemas. Kenali, paling tidak ada tiga tanda yang menunjukkan bayi sudah cukup minum ASI.

Liputan6.com, Jakarta Ibu yang baru pertama kali memberikan air susu ibu (ASI) kerap diliputi rasa cemas atau khawatir. Salah satunya mengenai kecukupan bayi minum ASI.

Menurut konselor laktasi Ameetha Drupadi, bila ibu menyusui secara langsung dan dengan pelekatan yang benar, biasanya kebutuhan ASI bayi di bulan-bulan pertama kehidupan sudah cukup. Selain itu, perhatikan juga tanda-tanda lain yang menunjukkan asupan ASI si Kecil sudah terpenuhi.

Paling tidak ada tiga tanda yang menunjukkan bayi sudah cukup ASI, yakni:

1. Bayi tidur usai menyusu

"Biasanya, sesudah 20 menit menyusu atau ketika dia kenyang, akan membuatnya lebih tenang dan nyaman, ia akan melepaskan (mulut) dari payudara ibu dan akan tertidur. Itu tanda cukup ASI," tutur Ameetha.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Perhatikan frekuensi buang air kecil

"Pada bayi yang berusia lebih dari lima hari, minimal dalam sehari ia pipis enam kali," kata Ameetha saat peluncuran suplemen alami pelancar ASI, Lactoboost, di Jakarta Pusat pada Rabu (24/10/2018).

Jika frekuensi pipis si Kecil kurang dari itu dan disertai demam berati tanda ia dehidrasi. Salah satu penyebab dehidrasi pada anak karena kurang cairan ASI seperti disampaikan wanita lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara ini.

3. Kenaikan berat badan bayi

Pantau terus berat badan bayi dalam sebulan. Pada umumnya, bayi usia nol sampai sebulan mengalami kenaikan berat badan sekitar 30 gram per hari.

"Berarti dalam sebulan kenaikan berat badannya 600-900 gram," katanya .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.