Sukses

Penulis Cilik Ini Ingin Indonesia seperti Zootopia, Masyarakatnya Damai dan Rukun

Film Zootopia memberikan inspirasi bagi Bianca untuk menulis tentang harapannya bagi Indonesia di masa depan

 

Liputan6.com, Jakarta Kota fiktif Zootopia yang modern dan damai menjadi inspirasi bagi Bianca Alexandria Situmorang untuk menuliskan karya tulisnya. Lewat tulisan tersebut, dia berharap Indonesia bisa menjadi seperti negeri dalam film keluaran Disney tersebut.

Bianca yang berusia 9 tahun ini memiliki tiga harapan agar Indonesia bisa seperti kota Zootopia yang maju dan rukun. Yang pertama, dia ingin agar kota-kota di Indonesia menjadi modern, bersih, dan tertata rapi.

Yang kedua, Zootopia adalah kota yang dipenuhi dengan hewan yang beragam jenisnya. Baik yang berukuran besar, kecil, pemakan tumbuhan dan daging.

"Aku sangat berharap hal ini juga terjadi di Indonesia, negara yang terdiri dari berbagai macam suku, bangsa, adat istiadat, dan agama," tulis Bianca.

Selain itu, dia juga ingin menyampaikan pesan bahwa semua orang bisa menjadi apapun selama bekerja keras.

"(Aku belajar tentang) pantang menyerah," ujarnya Bianca kepada Health Liputan6.com. Saat diwawancara, dia sambil menggigit tisu karena salah satu gigi susunya lepas.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suka Menulis Karena Suka Menggambar

Ibunya, Anggi Naulita Pratiwi mengatakan, siswi SD Pangudi Luhur Jakarta ini sudah memiliki hobi menggambar sejak usia dua tahun. Saat mereka pindah ke Cambridge, untuk menemani sang ayah yang studi lanjut, Bianca banyak menggambar saat di sekolah.

"Begitu pulang dari Cambridge, dia mulai menulis. Seperti komik itu. Yang saya lihat, dia mulai mengembangkan menulis tentang sehari-harinya dia dengan gambar," ujar Anggi.

Bahkan, putri pertama dari Anggi dan Alexander Dippo ini, sudah mampu menulis dengan sistematis saat kelas tiga SD.

"Di kelas tiga juga diajari tentang membuat kerangka dan lain-lainnya," tambah Anggi.

Bianca sendiri sangat tertarik pada bidang visual. Hobi menulisnya juga berawal dari hobi menggambar komik Jepang dengan alur yang ia buat sendiri

 

3 dari 3 halaman

Memberikan Waktu untuk Hobi sang Anak

Anggi membebaskan sang putri untuk menulis. Dia tidak mengarahkan tentang apa yang ingin ditulis oleh putrinya Dirinya. Namun, dia mendukung hobi tersebut dengan menyunting tulisan-tulisan bocah yang menyukai anime Doraemon tersebut.

Anggi sendiri memberikan waktu paling tidak setengah jam bagi putrinya untuk memilih antara menulis atau menggambar.

"Inginnya sih ke depan, tidak perlu ikut lomba atau apa, tapi dengan menulis dia bisa menuangkan apa yang ada di dalam pikirannya dia dalam sebuah karya tulis. Karena saya merasa ini akan berguna sekali saat dia kuliah sih," ujar Anggi.

Tulisan Bianca tentang keinginannya agar Indonesia bisa seperti Zootopia sendiri menjadi juara ketiga dalam Festival Penulis Cilik SIDU 2018.

Selain menulis, Bianca juga memiliki berbagai kegiatan lain seperti les piano, mandarin, matematika, dan olahraga basket.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.