Sukses

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dengan Cepat dan Permanen

Liputan6.com, Jakarta Salah satu indikator penampilan yang menarik adalah napas yang segar. Jika mulut berbau tidak sedap, tentu hal tersebut akan mempengaruhi aspek sosialmu. Siapa sih yang tahan berlama-lama berbicara atau berada di dekat orang yang punya masalah bau mulut? 

Bau mulut atau dalam bahasa medis disebut halitosis, memang musuh utama dalam pergaulan. Bukan tidak mungkin kamu bakal dijauhi karena mulutmu punya aroma yang tak sedap. Dengan kondisi mulut bau, kamu pun jadi sungkan jika mau banyak bicara atau membuka mulut lebar-lebar. Nggak heran, cara menghilangkan bau mulut sangat diperhatikan oleh banyak orang. 

Masalah bau mulut dialami oleh 25% penduduk dunia dan sebagian besar disebabkan oleh kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Tidak hanya itu, bau mulut juga bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya gangguan kesehatan atau penyakit dalam tubuh seseorang.

Sayangnya, masalah bau mulut kadang tidak disadari, oleh sebab itu penting untuk mengetahui gejalanya agar kamu bisa mengetahui apakah mulutmu mengeluarkan bau tidak sedap. Untuk mengetahui gejala bau mulut adalah dengan menjilat pergelangan tanganmu dan membiarkannya kering. Jika kamu mencium bau tidak sedap dari pergelangan tanganmu, besar kemungkinan mulutmu berbau tidak sedap. 

Namun, sebelum mengetahui cara menghilangkan bau mulut, terlebih dahulu yuk cari tahu penyebab utama bau mulut muncul sebagaimana dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber Rabu (24/10/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Penyebab bau mulut:

Kesehatan mulut kurang terjaga 

Kurangnya menjaga kebersihan mulut dapat mengakibatkan nafas yang berbau. Sisa makanan yang melekat pada gigi dan gusi akan diubah oleh bakteri anaerob dalam mulut menjadi senyawa dengan bau yang menyengat. 

Beberapa jenis bakteri gram-negatif penyebab bau mulut yang diketahui antara lain Prevotella Melaninogenica, Centipeda Periodontii, Porphyromonas Gingivalis, Fusobacterium Periodonticum, Porphyromonas Endodontalis, Bacteroides Loescheii, Prevotella Intermedia, dan bakteri lainnya yang menghuni mulut.

Jika tidak dibersihkan secara rutin bakteri tersebut akan menyebabkan pembentukan plak dan juga senyawa berbau khususnya jika makanan yang dikonsumsi mengandung protein dan sulfur.

Faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi 

Beberapa jenis makanan dan minuman diketahui bisa menjadi pemicu munculnya masalah bau mulut. Makanan dengan kadar sulfur yang tinggi seperti bawang merah dan bawang putih adalah penyebab bau mulut yang sebisa mungkin harus dihindari. Demikian juga kopi dan alkohol yang juga diketahui mampu merangsang aktivitas bakteri penyebab bau dalam mulut.

Jika kamu mengalami masalah halitosis dan ingin menghilangkannya, batasi juga konsumsi makanan tinggi protein seperti daging, ikan, telur dan lainnya. Protein dan karbohidrat adalah zat nutrisi yang disukai oleh bakteri dan jika tidak dibersihkan, sisa-sisa makanan inilah yang akan diubah menjadi senyawa volatile sulfur compounds penyebab bau mulut.

3 dari 9 halaman

1. Berkumur dengan cuka apel dan air

Cara menghilangkan bau mulut yang cukup mudah adalah dengan berkumur menggunakan cuka apel dan air. Caranya, siapkan 1 - 2 sendok makan cuka apel dan segelas air. Tuang dan campurkan cuka dalam segelas air. Gunakan campuran tersbut untuk berkumur selama 3 - 5 menit pada pagi hari dan malam hari. Kemudian bilas mulutmu dengan berkumur menggunakan air biasa. Cara ini bikin nafasmu segar seketika. Agar hasilnya permanen, lakukan perawatan ini secara rutin.

4 dari 9 halaman

2. Activated charcoal

Saat ini activated charcoal atau bubuk arang aktif banyak digunakan sebagai pasta gigi untuk mendapatkan gigi putih dan senyum berkilau. Namun, activated charcoal juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut secara alami lho. 

Caranya, siapkan setengah sendok teh activated charcoal dan sikat gigi. Balurkan bubuk arang ke sikat dan mulailah menyikat gigi. Kumur-kumur sampai bubuknya hilang. Gunakan dua sampai tiga kali seminggu sampai bau mulut hilang. Kamu bisa membeli activated charcoal ini di beberapa toko online.

5 dari 9 halaman

3. Minyak kelapa

Bahan dapur satu ini sudah sejak lama dimanfanfaatkan untukk perawatan kecantikan. Saatnya kamu menggunakannya sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut. Untuk napas segar dan bebas bakteri kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa. Caranya, sediakan sesendok makan minyak kelapa. Gunakan untuk berkumur selama 5-10 menit dan ludahkan. Selanjutnya, gunakan air hangat untuk membilas sisa-sisa minyak yang tertinggal di mulut.

6 dari 9 halaman

4. Garam Epsom

Mencampurkan garam epsom dengan air hangat tak hanya menghilangkan bau mulut tak sedap, tetapi juga sebagai antibakteria dan penghilang racun. Cara menghilangkan bau mulut dengan garam epsom adalah, ambil satu sendok teh garam epsom dan campurkan dengan segelas air hangat. Jadikan untuk cairan berkumur. Untuk pemakaian awal, gunakan setiap hari. Selanjutnya, bisa dipakai sesekali jika dibutuhkan. Garam epsom ini dapat dibeli di toko online, apotek, atau toko kecantikan.

7 dari 9 halaman

5. Jahe

Tak sekedar mengobati tenggorokan yang sakit, perasan jahe bisa mengusir bau tak sedap di mulut. Caranya, pertama parut jahe. Kemudian campur parutan jahe dan air agar kamu mendapat perasan jus jahe. Jus jahe ini lalu dicampurkan ke air hangat, terus tinggal kamu pakai untuk berkumur. Lakukan perawatan ini setelah makan. Tak perlu setiap hari, kamu bisa melakukannya sekali dalam beberapa hari.

8 dari 9 halaman

6. Biji adas

Selain berfungsi sebagai penyedap masakan, biji adas menyimpan segudang manfaat kesehatan. Biji ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut secara instan. Caranya kunyah satu sendok teh biji adas kemudian telan sewaktu-waktu bau mulut menyerang. Kamu hanya perlu melakukannya saat dibutuhkan saja.

9 dari 9 halaman

7. Daun mint dan parsley

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah menggunakan daun mint dan parsley. Campurkan dua sendok makan parsley, daun mint, dan secangkir water ke dalam blender. Haluskan selama kurang lebih dua menit. Setelah itu, tuangkan ke dalam botol bersih dengan menggunakan saringan. Tutup rapat botol, atau Anda bisa menggunakannya langsung dengan cara membilas mulut menggunakan satu sendok makan ramuan tersebut, kemudian campurkan dengan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini