Sukses

9 Cara Mengecilkan Lengan Bergelambir yang Efektif dalam Waktu Seminggu

Memiliki lengan bergelambir yang kurang proporsional tentu sangat memengaruhi kepercayaan diri.

Liputan6.com, Jakarta Lengan merupakan salah anggota tubuh yang sering menjadi langganan menumpuknya lemak. Penumpakan lemak di lemak tidak pandang bulu, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Memiliki lengan bergelambir yang kurang proporsional tentu sangat memengaruhi kepercayaan diri. Pasalnya gelambir pada lengan atas akan membuat tubuh jadi tampak gemuk, meskipun bagian tubuh yang lain sudah cukup ideal.

Demi mendapatkan penampilan yang kece badai, nggak heran banyak orang rela melakukan apa saja untuk mengusir gelambir pada lengan. Apakah kamu salah satunya?

Sebelum mengetahui cara mengecilkan lengan, yuk cari tahu dulu penyebab lengan berlemak dan bergelambir:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab Lengan Berlemak dan Bergelambir

Lengan memang merupakan bagian tubuh yang akan membesar saat seseorang mengalami kenaikan berat badan. Lengan berlemak umumnya disebabkan oleh akumulasi lemak berlebih di daerah lengan. Kurangnya aktivitas fisik dan tidak melakukan olahraga secara teratur dapat menyebabkan akumulasi lemak dalam tubuh, termasuk lengan. Jika penumpukan lemak di bagian lain dari tubuh biasanya mudah untuk hilang, namun akan sangat sulit untuk membakar lemak berlebih di lengan.

Bertambahnya usia juga merupakan faktor lain yang mempengaruhi lemak di lengan. Setelah menginjak umur 20-an, tubuh cenderung menyimpan lebih banyak lemak di berbagai daerah tubuh dan otot mulai menurun. Jadi lemak yang menumpuk menjadi lebih banyak dari otot, itulah yang menyebabkan lengan menjadi bergelambir.

Tingkat metabolisme juga menjadi alasan lain dari terjadinya penumpukan lemak di lengan. Tingkat metabolisme juga akan menurun seiring bertambahnya usia, itu berarti tubuh membakar kalori lebih sedikit. Kondisi ini akhirnya mengarah kepada penumpukan lemak di lengan.

Untuk mengecilkan lengan sebenarnya ada dua cara, yakni dengan olahraga dan tanpa olahraga. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/10/2018) beberapa cara mengecilkan lengan bergelambir yang efektif.

3 dari 7 halaman

Cara Mengecilkan Lengan dengan Olahraga

Berenang

Selain membuat sehat dan bugar, berenang juga merupakan salah satu cara mengecilkan lengan yang wajib kamu coba. Untuk mendapatkan lengan yang lebih ramping disarankan untuk berenang 2 kali dalam seminggu. Tidak hanya untuk mengecilkan lengan saja, berenang juga akan melatih seluruh bagian tubuh. 

Push-up sempurna

Nggak hanya ampuh untuk membentuk otot perut dan bahu, push up ternyata juga efektif untuk mengecilkan dan mengencangkan lengan. Kamu cukup melakukan push-up secara rutin maka lengan akan semakin mengecil dan tidak bergelambir. Push-up dapat membantu mengencangkan lengan atas dengan membakar lemak di daerah tersebut. Hal terbaik dalam latihan ini adalah kamu tidak memerlukan alat apapun. Push-up bahkan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

4 dari 7 halaman

Push-up lutut

Sedikit berbeda dengan push-up sempurna, push-up lutut adalah gerakan push-up yang bertumpu pada lutut. Latihan ini cocok buat kamu yang merasa tidak mampu melakukan push up sempurna. Caranya, posisikan tubuh seperti melakukan push-up sempurna namun dengan lutut sebagai tumpuannya. Demi keamanan dan kenyamanan, pastikan kamu memberi alas yang empuk pada lututmu saat latihan gerakan ini ya.

Lompat tali

Cara mengecilkan lengan berikutnya adalah dengan lompat tali. Olahraga simpel ini memiliki banyak manfaat buat tubuh, di antaranya adalah membuat lengan lebih ramping serta membantu mengecilkan lengan. Olahraga yang terdengar main-main ini ternyata terbukti efektif untuk mengecilkan lengan. Lakukan lompat tali setiap hari pada pagi atau sore hari. Usahakan untuk meningkatkan intensitasnya agar lengan semakin cepat mengecil.

5 dari 7 halaman

Angkat beban

Gerakan angkat beban juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengecilkan lengan. Angkat beban di sini bukan berarti harus memakai barbel yang sangat berat layaknya olahragawan yang kerap menyambangi tempat fitness. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan barbel yang sekiranya kamu kuat untuk mengangkatnya.

Caranya, pegang barbel dengan kedua tangan, angkat kedua tangan ke atas kepala sampai otot perut dan lengan terasa ketarik. Tahan posisi tersebut beberapa saat, lalu kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan tersebut semampumu, dan tingkatkan terus intensitasnya setiap harinya.

Pull-up

Pull up juga menjadi salah satu olahraga yang cukup populer dimanfaatkan untuk mengecilkan lengan. Meskipun terlihat mudah, namun olahraga ini akan terasa cukup berat khususnya untuk kamu yang belum pernah melakukan gerakan pull up.

Caranya, berdiri di bawah tiang horizontal lalu genggam tiang tersebut dengan kedua tangan dan angkat seluruh tubuh ke atas sampai bagian kepala melewati tiang tersebut. Lakukan gerakan ini sesuai dengan kemampuanmu dan tingkatkan intensitasnya sebanyak 10 sampai 15 kali. Lakukan gerakan ini minimal 2 kali dalam sehari, dengan latihan yang rutin maka lengan yang bergelambir akan lebih mengecil.

6 dari 7 halaman

Chair triceps dips

Latihan ini dapat dilakukan di mana saja termasuk di dalam rumah. Kamu dapat melakukan latihan ini di rumah dengan bantuan kursi atau meja dengan tinggi 60 cm. Gerakan ini dapat membantu mengencangkan lengan dengan melatih otot trisep. Berat seluruh tubuh akan bertumpu pada trisep, sehingga latihan ini dapat mengurangi lemak, sekaligus membentuk otot trisep.

Boxing

Boxing bisa dikategorikan juga sebagai High Intenseity Interval Training (HIIT). Latihan ini bisa melatih seluruh bagian tubuh secara bersamaan. Termasuk melatih tubuh bagian atas sekaligus membantu mengencangkan lengan. Latihan boxing yang banyak menggunakan tangan dan lengan merupakan cara mengecilkan yang efektif dan cepat membakar lemak di bagian tersebut.

7 dari 7 halaman

Cara mengecilkan lengan tanpa olahraga

Selain dengan olahraga, ada cara lain untuk mengecilkan lengan. Seperti diketahui penyebab lengan membesar dikarenakan naiknya berat badan. Nah, agar lengan tidak besar dan menggelambir hal yang perlu kamu lakukan yaitu dengan menjalani pola hidup yang sehat. Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak dan memperbanyak konsumsi gandum, telur, susu rendah lemak, sayuran, unggas, ikan, daging tanpa lemak, dan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan buah-buahan, seperti alpukat.

Mengonsumsi makanan alami dapat membantu menjagamu tetap kenyang tanpa mengonsumsi kalori berlebih. Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan memperbanyak meminum air putih. Meminum minimal 8 gelas air putih setiap hari efektif untuk membantu memecah timbunan lemak dalam tubuh dan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Hal ini akan melancarkan sistem pencernaan, sehingga lemak tidak akan mengendap dan tertimbun sia-sia dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.