Sukses

Berapa Jumlah Anak yang Paling Bikin Ibu Stres?

Mana yang lebih bikin stres, punya tiga atau empat anak? Studi mengungkap fakta tak terduga.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orangtua dengan tiga anak paling berat dibandingkan dengan jumlah lainnya, baik lebih sedikit atau lebih banyak. Survei yang dilakukan oleh Today menemukan, ibu yang memiliki tiga anak lebih stres daripada mereka yang memiliki anak lebih sedikit.

Dari studi ini juga ditemukan bahwa ibu dengan lebih dari empat anak bahkan memiliki tingkat stres yang lebih rendah. "Tidak ada cukup ruang di kepala Anda untuk kesempurnaan ketika memiliki empat atau lebih anak-anak," ujar Dr. Janet Taylor mengutip dari New York Post pada Senin (22/10/2018).

"Semakin banyak anak yang dimiliki, semakin percaya diri Anda dalam kemampuan mengasuh anak. Anda harus melepaskannya dan kemudian bersyukur ketika mereka semua pergi sekolah tepat waktu," tambah Taylor kepada Today.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekanan dari diri sendiri

Dalam studi tersebut, sebanyak 7 ribu ibu disurvei. Mereka kemudian diminta melaporkan tingkat stres dengan skala satu sampai sepuluh. Rata-rata, mereka berada di angka 8,5.

Sementara itu, 46 persen mengatakan bahwa pasangan mereka lebih membuat stres ketimbang anak-anak. Sekitar 75 persen ibu juga mengatakan bahwa stres berasal dari tekanan yang diberikan pada diri sendiri, untuk menyelamatkan citranya di depan orangtua lain.

"Saya merasa kami menilai diri sendiri dengan lebih kejam daripada orang lain," ujar Jill Smokler, pemilik blog Scary Mommy yang juga memiliki tiga anak.

"Ketika berpindah dari satu (anak) ke dua (anak) adalah transisi yang mudah," ujar ibu asal Maryland, Amerika Serikat tersebut.

"Dua ke tiga, semuanya terbalik. Saya merasa tidak mampu untuk menjaga mereka semua bersamaan... hanya menyeberang jalan dan tidak bisa secara fisik memegang tangan mereka semua, itu terasa sangat stres," tambah Smokler.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.