Sukses

10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat dan Efektif Tanpa Olahraga

Cara yang ini alami dan aman lho.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh ideal merupakan impian semua orang. Namun, keinginan untuk memiliki tubuh ideal punya konsekuensi beragam, termasuk olahraga teratur. Sayangnya, kebanyakan orang merasa tak memiliki waktu untuk berolahraga. Nah, buat kamu yang ingin memiliki tubuh ideal namun tak sempat olahraga, sebenarnya ada cara menurunkan berat badan secara alami dan efektif lho.

Menurunkan berat badan memang bukan perkara mudah. Meski berbagai cara sudah dilakukan namun tidak semuanya berhasil. Terkadang sudah berusaha keras untuk menurunkan berat badan, seperti rutin melakukan olahraga atau diet ketat tetapi tak kunjung membuahkan hasil.

Jika ada cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, apakah kamu tertarik mencobanya? Jika iya, berikut ini Liputan6 rangkum dari berbagai sumber Senin (22/10/2018), cara menurunkan berat badan secara alami. Cocok buat kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan namun tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Mengunyah makanan pelan-pelan

Menguyah makanan pelan-pelan dapat meningkatkan rasa kenyang, selain itu makanan juga dapat dicerna dengan baik oleh enzim-enzim yang berada di mulut. Kalori yang masuk pun menjadi lebih sedikit.

Selain itu, cepat lambatnya makanan habis juga menentukan berat badan lho. Sebuah tinjauan pada 23 studi melaporkan bahwa orang yang makan lebih cepat lebih memungkinkan untuk mengalami peningkatan berat badan daripada mereka yang makannya lambat. Mereka juga berisiko mengalami obesitas.

3 dari 11 halaman

2. Makan pakai piring kecil

Selalu gunakan piring kecil saat makan. Ketika membeli makanan yang tidak sehat, gunakan piring ukuran kecil tersebut. Hal ini bisa menjadi trik untuk otak. Piring kecil dapat membuat makanan terlihat lebih besar, otak pun akan menangkapnya seperti itu. Jika menggunakan piring kecil, porsi makanan tidak sehat itu pun menjadi lebih sedikit. Kamu juga bisa melakukan trik sebaliknya pada makanan sehat, taruh makanan tersebut di piring yang lebih besar.

Penelitian membuktikan, cara menurunkan berat badan yang satu ini mampu menanamkan sinyal pada otak bahwa kamu telah cukup makan walau dalam porsi sedikit dari biasanya. Secara psikologis, kamu akan merasa sudah kenyang dan tidak akan kembali menambah porsi, dan program menurunkan berat badan pun jadi terasa lebih mudah.

4 dari 11 halaman

3. Konsumsi banyak protein

Protein memiliki fungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang sehingga dapat membantu mengurangi kalori. Berdasarkan penelitian yang dikutip oleh Authority Nutrition, partisipan terbantu untuk memakan 441 lebih sedikit kalori per hari dan dapat menurunkan berat badan sekitar 4 kg dalam 12 minggu, tanpa membatasi apa pun, hanya dengan meningkatkan asupan protein 15-30 persen. Kamu bisa mendapatkan protein dari telur sebagai menu sarapan. Makan telur saat sarapan dipercaya akan membantu memasukan asupan kalori lebih sedikit untuk makan siang, bahkan sepanjang hari dan selama 36 jam ke depan. Protein juga dapat ditemukan pada dada ayam, ikan, Greek yogurt, dan kacang almond.

5 dari 11 halaman

4. Perbanyak makanan yang mengandung serat

Cara menurunkan berat badan yang efektif adalah memperbanyak makan serat. Makanan yang kaya akan serat membantu kita merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Salah satu jenis serat, yaitu serat kental, dapat membentuk gel ketika terjadi kontak dengan air. Gel ini akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong. Serat kental ini dapat ditemukan di sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan.

6 dari 11 halaman

5. Porsi makan lebih sedikit

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan mengubah porsi makan menjadi lebih sedikit. Kamu bisa memulainya sedikit demi sedikit agar terbiasa. Awalnya mungkin akan sangat sulit dan menyiksa. Namun, jika terbiasa makan dengan porsi banyak, kamu akan terdorong untuk memakan porsi lebih besar ketika lapar. Porsi makan yang besar menimbulkan risiko obesitas.

7 dari 11 halaman

6. Hindari makan sambil main hp atau nonton tv

Ketika makan sebaiknya tidak memikirkan hal lain atau melakukan kegiatan lain misalnya membuka hp, menonton televisi atau bermain game. Biasanya, makan yang dibarengi kegiatan lain justru tak membuat orang fokus dan tak tahu seberapa banyak makanan yang sudah ia santap.

Efeknya pun tak hanya soal banyaknya asupan yang masuk ke tubuh, tetapi juga peningkatan asupan makanan pada sesi makan berikutnya. Orang yang saat makan tidak fokus akan menambah asupan kalori sebanyak 25 persen pada sesi makan berikutnya daripada mereka yang fokus makan.

8 dari 11 halaman

7. Atur Pola Makan

Meski terdengar sepele, mengatur pola makans angat berpengaruh pada program penurunan berat badan. Sebisa mungkin atur pola makanmu. Jauhi makanan cepat saji seperti junk food dan biasakan konsumsi buah dan sayur yang seimbang dengan karbohidrat dan protein yang diperlukan untuk tubuh dalam jumlah yang sesuai.

9 dari 11 halaman

8. Minum air putih secara teratur

Minum air putih dapat membantu tubuh merasa kenyang dan mengurangi berat badan, apalagi jika minum sebelum menyantap makan besar. Sebuah studi pada orang dewasa menemukan bahwa minum setengah liter air sekitar setengah atau satu jam sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar dan membantu mengurangi asupan kalori. Partisipan dari penelitian yang melakukan cara ini, berat badannya turun sekitar 44% dalam 12 minggu dibandingkan dengan yang tidak melakukan cara ini. Usahakan mengonsumsi air putih dan hindari minuman manis.

10 dari 11 halaman

9. Tidur cukup

Kurang tidur dapat memperlambat metabolisme yang berarti pembakaran lemak pada tubuh pun akan terhambat. Dengan tidur yang cukup, metabolisme akan bekerja dengan baik dan juga membuatmu terhindar dari lapar di malam hari. Apalagi ketika kurang tidur, hormon leptin (hormon yang merangsang rasa lapar) dan hormon ghrelin menjadi terganggu.

Artikel menarik lainnya.

11 dari 11 halaman

10. Aktif bergerak

Siapa bilang membakar kalori hanya dengan olahraga saja? Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga bukan berarti bisa tidak bergerak sama sekali. Kamu bisa membakar kalori hanya dengan membersihkan rumah, mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, bahkan menaiki tangga. Kamu juga bisa pergi membeli makanan atau keperluan sendiri, tanpa meminta tolong pada orang. Membawa barang belanjaan bisa menjadi olahraga ringan yang membakar kalori tanpa disadari Begitu juga ketika harus pergi ke lantai atas yang terdekat di suatu gedung, kamu bisa menggunakan tangga daripada lift.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini