Sukses

Tetap Sehat saat Musim Hujan, Bagaimana Caranya?

Musim hujan akan datang. Untuk menjaga kesehatan, Anda bisa mencoba beberapa cara sederhana berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Memasuki pertengahan bulan Oktober, Jakarta diguyur hujan. Prediksi musim hujan ini juga sempat disampaikan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika beberapa waktu yang lalu.

Karena itu, memasuki musim hujan, ada baiknya Anda bersiap-siap untuk menghadapi berbagai penyakit "klasik" yang kerap diderita saat musim hujan. Salah satunya adalah flu, batuk, dan demam.

Mengutip Asia One pada Jumat (19/10/2018), ada beberapa tips sederhana untuk tetap sehat sekalipun memasuki musim hujan. Apa saja triknya?

1. Selalu membawa payung

Basah gara-gara hujan menyebabkan perubahan yang tiba-tiba pada suhu tubuh. Hal ini menyebabkan Anda rentan terkena demam dan pilek. Untuk itu, bawalah payung atau jas hujan ke mana pun bepergian. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengonsumsi Makanan Sehat

2. Jagalah asupan nutrisi

Tetap mengonsumsi makanan sehat adalah cara mudah untuk melindungi Anda dari penyakit. Cobalah memasak sup panas yang menghangatkan sekaligus menyegarkan tubuh. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Cuci tangan secara menyeluruh

Mencuci tangan dengan teratur dan menyeluruh merupakan cara yang baik dalam mencegah penyebaran virus dan bakteri. Cuci tangan dengan menggunakan sabun di antara jari-jari, bawah kuku, dan bagian atas tangan. Setelah itu, bilas dan keringkan tangan secara menyeluruh juga.

 

3 dari 4 halaman

Konsumsi Air Hangat

4. Minum banyak air

Konsumsilah air hangat lebih banyak. Air hangat akan meningkatkan sirkulasi darah yang mengarah ke sistem kekebalan yang kuat dan melindungi tubuh dari infeksi dan alergi.

5. Hindari bepergian di jam sibuk

Hujan yang datang tiba-tiba bisa membuat perjalanan menjadi lebih sulit. Hindarilah jam-jam kemacetan yang bisa membuat Anda terjebak dalam hujan yang mungkin datang tiba-tiba. Cobalah untuk berangkat lebih awal di pagi hari, atau bicarakan dengan atasan untuk menyesuaikan jadwal.

 

4 dari 4 halaman

Pakaian Cadangan

6. Siapkan pakaian cadangan

Pakaian yang basah mengundang virus ke dalam tubuh. Ini jelas menyebabkan penyakit lebih mudah menghampiri. Bawalah pakaian tambahan di kantor selama hari hujan.

7. Pantau prakiraan cuaca

Tetaplah memantau prakiraan cuaca di media-media seperti radio, televisi, dan juga situs-situs lainnya. Mungkin Anda butuh pembaharuan informasi cuaca dan juga lalu lintas untuk menghindari hujan atau banjir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.