Hindari Langsung Gosok Gigi Setelah Makan, Ini Alasannya

Oleh Liputan6.com pada 17 Okt 2018, 09:00 WIB
20160913 Gosok Gigi

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara menjaga kesehatan gigi memang dengan rajin membersihkannya. Sisa-sisa makanan yang dibiarkan berlama-lama bisa merusak gigi. Akan tetapi, langsung menggosok gigi setelah makan ternyata berbahaya dan bisa merusak gigi.

Faktanya, para dokter gigi di Inggris menyatakan bahwa menyikat gigi dalam rentang waktu kurang dari satu jam setelah makan bisa menyebabkan gigi lebih cepat keropos. Ini karena zat asam yang ada pada makanan akan mulai membakar lapisan di bawah enamel gigi, yaitu dentin, langsung pada saat kamu selesai makan.

Nah, menyikat gigi pada saat-saat ini malah akan menyebabkan zat asam semakin masuk ke dalam dentin, dan mengeroposkan gigi lebih cepat dari waktu alaminya. Karena alasan yang sama juga kamu juga dilarang menyikat gigi langsung setelah minum kopi atau minuman beralkohol.

“Dengan menyikat gigi, sebetulnya kamu malah menekan zat asam dari makanan dan minuman yang baru saja Anda konsumsi semakin dalam memasuki enamel dan dentin gigi Anda,” ujar Dr Howard R Gamble, pemimpin the Academy of General Dentistry dalam sebuah wawancara dengan New York Times.

Kamu disarankan untuk menunggu paling tidak 30 menit setelah makan. Sepanjang waktu ini gigi akan membentuk perlindungan alaminya sehingga zat asam yang memasuki dentin tidak akan terpengaruh oleh kegiatan menyikat gigi.

 

Reporter: Ivana Okta Riyani

Sumber: Vemale.com

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by