Sukses

Sahabat Ibu Hamil yang Selalu Muncul di Awal Kehamilan

Mulal adalah sahabat yang kerap menemani ibu hamil di usia-usia awal kehamilan.

 

Liputan6.com, Jakarta Di awal-awal kehamilan, mual dan gampang pusing merupakan masalah yang kerap menghantui para ibu hamil. 

Ibu bukan hanya merasa mual, tapi juga pusing hingga muntah dan jika kondisinya cukup parah, sampai mengalami dehidrasi.

"Sebanyak 90 persen ibu hamil mengalami mual dan sakit kepala, hal ini karena meningkatnya level hormon hCG," ujar Alan Adler, seorang dokter kandungan di RS Mount Sinai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mual Selama Hamil

Kondisi ini biasanya muncul saat usia kehamilan memasuki 6 minggu, saat level hCG naik drastis. Untuk itu sejak sebelum merencanakan kehamilan ibu dianjurkan untuk mengonsumsi banyak asam folat.

"Saat mual ini ibu cenderung muntah dan tak nafsu makan, jika memiliki 'tabungan' asam folat cukup banyak makan bisa tetap memenuhi asupan nutri untuknya dan janin saat dalam kondisi mual," kata Alan seperti dikutip Momtastic pada Senin, 15 Oktober 2018.

Konsumsi vitamin B6 juga dapat membantu memenuhi nutrisi. Sangat dianjurkan untuk ibu yang mengalami mual, makan lebih sedikit namun sering.

Biasanya cara ini meminimalisir risiko muntah. Mencium aromaterapi yang menenangkan, jeruk, sitrus atau lavender, juga bisa meredakan mual dan muntah.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.