Sukses

Puskesmas di Perbatasan, Cara Indonesia Pamer Layanan Kesehatan ke Negara Tetangga

Selain memberikan akses layanan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di perbatasan, puskesmas juga menjadi cara untuk "pamer" ke negara tetangga

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan Puskesmas di wilayah perbatasan menjadi salah satu cara negara Indonesia untuk "memamerkan" pelayanan kesehatan yang baik kepada negara tetangga. Salah satunya adalah di daerah Bengkayang, Kalimantan Barat.

"Kita menunjukkan bahwa pelayanan kita bagus kalau seperti ini," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Untung Suseno Sutarjo ketika mengunjungi Puskesmas Jagoi Babang yang terletak di dekat perbatasan Bengkayang dengan wilayah Serikin, Malaysia pada Sabtu (13/10/2018).

Untung mengatakan, apabila ada negara asing dari Malaysia yang datang ke Indonesia, dia akan melihat pelayanan kesehatan yang ada di perbatasan Indonesia.

"Saya tidak tahu kalau di sini (Puskesmas Jagoi Babang). Tapi kalau di tempat lain, orang Malaysia sudah mau datang berobat ke tempat kita. Jadi kebalikannya kalau dulu kita ke sana, sekarang mereka ke sini," kata Untung menambahkan.

Tentu saja, masih ada kekurangan yang ditemukan, terutama di Puskesmas Jagoi Babang. Salah satunya adalah masalah tenaga kesehatan yang tersedia.

"Tenaganya sih sudah 57 saya rasa cukup ya. Cuma jenisnya saja tidak lengkap," kata Untung.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu dari 17 yang Terbaik

Adapun, tenaga kesehatan lain di Kabupaten Bengkayang saat ini ada 810 orang. Jumlah dokter yang ada pun terbilang mencukupi, namun masih kekurangan dokter spesialis.

Puskesmas Jagoi Babang sendiri merupakan salah satu dari 17 Puskesmas dengan fasilitas baik di Bengkayang. Hal tersebut diungkap oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana drs. Stefanus Salikin.

Ada 2 Puskesmas yang letaknya berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia, yaitu Puskesmas Jagoi Babang dan Puskesmas Siding.

“Tujuan kami adalah meningkatkan status kesehatan dan kualitas hidup masyarakat, meningkatkan status gizi masyarakat, menghindarkan penyakit menular, dan menghadirkan pelayanan kesehatan yang mudah dan terjangkau merata di seluruh kabupaten,” kata Stefanus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.