Sukses

Asian Para Games 2018 Berakhir, Surya Sahetapy Kenang Ajari Jokowi Bahasa Isyarat

Ini cerita lengkap Surya Sahetapy saat mengajari Jokowi bahasa Isyarat untuk pembukaan Asian Para Games 2018

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Asian Para Games 2018 yang akan berakhir sebentar lagi begitu membekas di diri Surya Putra Sahetapy.

Putra pasangan artis senior Dewi Yull dan Ray Sahetapy ini, mengaku, masih tidak percaya dapat mengajari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bahasa isyarat.

Surya, bercerita, pada Jumat, 5 Oktober 2018, kira-kira pukul 21.00 WIB, dia dihubungi Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno untuk mengajari Jokowi.

 
 
 
View this post on Instagram

Bagaimana Presiden @jokowi belajar bahasa isyarat untuk @asianpg2018 ? Mari kita simak video ini . Beliau sangat sabar dan bersedia untuk melatih secara berulang-ulang dalam menggunakan bahasa isyarat seperti dari bandara, berjalan kaki menuju pesawat, dalam pesawat bahkan di GBK sebelum opening dimulai. Iya, cara cepat belajar bahasa isyarat adalah belajar dari Instruktur Tuli. Saya juga bagian dari tim @pusbisindo. Semoga jumlah tenaga ajar bahasa Isyarat bertambah banyak dan menyebar ke Indonesia supaya adik-adik Tuli terus mendapatkan akses Bahasa Isyarat demi mengakses Bahasa Indonesia . Tidak terasa bahwa waktu berlalu cepat juga, ya. Terima kasih atas kiriman videonya, Pak @suhartono323, @beymachmudin dan tim Media Sekretariat Presiden. #SemangatIndonesia #IndonesiaRamahDisabilitas

A post shared by Surya Putra (@suryasahetapy) on

"Sungguh mengagetkan karena mendadak," kata Surya Sahetapy yang dihubungi Health Liputan6.com melalui direct message Instagram pada Sabtu, 13 Oktober 2018.

Keesokan hari, pukul 05.00 WIB, Surya bergegas menuju rumah Praktikno untuk pergi ke Bandar Udara Halim Perdana Kusumah bersama-sama. Pada Sabtu itu Jokowi berencana terbang ke Solo.

"Pak Pratikno sudah minta agar saya mempersiapkan kalimat yang diisyaratkan (seperti yang sudah disampaikan pak Jokowi)," kata Surya menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Surya Sahetapy Ajari Jokowi Bahasa Isyarat di Ruang Khusus

Sesampainya di Bandara, Surya dibawa ke sebuah ruangan yang disiapkan khusus buat mengajari Jokowi bahasa isyarat.

Karena bahasa isyarat dan bahasa Indonesia berbeda tatabahasa (grammar), dia harus memilih kata-kata yang mudah untuk dipelajari.

"Bahasa Indonesia (yang seharusnya diucapkan Jokowi) adalah 'Saya nyatakan resmi acara pembukaan. Selamat berjuang dan semoga sukses'," kata Surya menjelaskan.

Untuk menyederhanakan kalimat itu, Surya meringkasnya menjadi,"SAYA-RESMIKAN-BUKA-TETAP-BERJUANG-SUKSES."

 

3 dari 3 halaman

Surya Sahetapy Percaya Jokowi Bisa

Saat berhadapan langsung dengan Jokowi, Surya Sahetapy mengaku deg-degan. Namun, melihat Jokowi yang begitu sabar mempelajari bahasa isyarat, dia percaya orang nomor satu di Indonesia itu bisa menampilkan yang terbaik.

"Beliau sabar sekali. Beliau juga meminta saya, stop-in atau ingatkan kalau beliau salah," kata dia.

Surya Sahetapy berada di belakang panggung pada saat Opening Ceremony Asian Para Games 2018 berlangsung. Sepanjang acara, momen-momen Jokowi menggunakan bahasa isyarat yang dia tunggu.

"Saya yakin beliau bisa dan lancar," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini