Sukses

Rahasia Sehat Anak-Anak Jepang

Studi yang dilakukan The Lancet membuktikan bahwa anak-anak Jepang yang tersehat. Ini cara orangtua Jepang mengasuh anaknya.

Liputan6.com, Jakarta Berbicara kualitas kesehatan, pasti selalu merujuk ke orang-orang Jepang. Studi yang dilakukan The Lancet pun membuktikan bahwa anak-anak dari Negara Matahari Terbit yang tersehat.

Kesehatan anak-anak di Jepang erat kaitannya dengan kebiasaan makan sehari-hari mereka. Rumput laut, tahu, ikan, nasi berkualitas kaya gizi merupakan santapan sehari-hari warga Jepang.

Dikutip dari Japan Insides, keluarga di Jepang terbiasa mengonsumsi makanan rumahan yang dimasak dengan sepenuh hati serta diperhatikan betul kandungan nutrisinya.

Untuk makanan pokok, anak-anak Jepang selalu makan beras khas Jepang yang warnanya kecokelatan.

Beras ini sangat kaya air dan mengembang saat dimasak. Kandungan nutrisinya sangat tinggi dan memenuhi kebutuhan kalori lebih optimal.

Menu sayuran pun langsung diolah dan menggunakan teknik khusus. Hal ini membuat sajian sayuran masih memiliki nutrisi yang tinggi saat dikonsumsi.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menikmati setiap kali makan

Anak-anak di Jepang terbiasa makan dengan fokus. Di sekolah dasar, anak-anak dibiasakan makan bersama. Mereka menyiapkan area makan sendiri di kelas layaknya sebuah ruang makan raksasa.

Kebiasaan ini membuat anak-anak menikmati tiap suapan dan makan dengan kesadaran tinggi. Cara ini membuat mereka kenyang lebih lama dan merasa puas dengan apa yang dimakan.

"Bangun kebiasaan fokus dan rileks saat makan. Hal ini membuat anak makan dengan nyaman. Tunjukkan pada anak kalau makan adalah hal menyenangkan dan rasa makanan yang disajikan begitu lezat," ujar Tomomi Takahashi dari Kaji Sakura Nursery School di Hokkaido.

Hal yang tak kalah penting adalah selalu sediakan waktu untuk makan bersama. Duduk bersama di meja makan dan menikmati serta bersyukur atas sajian yang ada. Bukan hanya membuat anak lebih sehat secara fisik tapi juga psikis.

 

Penulis: Mutia

Sumber: Dream.co.id

 

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini