Sukses

Daun Jambu Biji Ampuh Cegah Rambut Rontok

Sama seperti buahnya, daun jambu mengandung vitamin B dan C yang membantu mengaktifkan kolagen di kulit kepala, rambut rontok pun terhindarkan.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya buahnya saja yang kaya nutrisi, daun jambu juga mengandung banyak vitamin yang membantu mencegah rambut rontok. Sama seperti buah, daun jambu mengandung vitamin B dan C yang membantu mengaktifkan kolagen di kulit kepala.

"Manfaat daun jambu biji ada banyak. Kan mengandung antioksidan, antiperadangan dan antimikroba yang membantu menjaga kulit kepala tetap sehat," kata dokter yang mendalami masalah rambut dari India, Sapna V Roshni.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam daun jambu mengaktifkan kolagen sehingga rambut kuat dan mendukung pertumbuhan rambut.

Dulu, masyarakat Meksiko dan Amerika Selatan menggunakan daun jambu untuk menyehatkan rambut, termasuk masalah rambut rontok. Anda pun bisa menjajalnya karena tidak ada bahan kima tambahan sehingga kemungkinan tidak ada reaksi pada kulit kepala seperti dilansir laman NDTV, Rabu (10/10/2018).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara

Untuk bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk rambut caranya cukup mudah. Cukup dengan merebus segenggam daun jambu biji ke satu liter air selama 20 menit.

Setelah itu, dinginkan dalam suhu kamar agar cepat dingin. Lalu pisahkan antara daun dengan air rebusan dengan cara disaring.

Selanjutnya, keramas seperti biasa. Ketika rambut mulai agak kering, aplikasikan air rebusan daun jambu yangs udah disaring ke kulit kepala.

Oleskan sambil pijat lembut kulit kepala sekitar 10 menit. Setelah merata, biarkan sekitar dua jam. Lalu, bersihkan kembali rambut dengan air hangat. Jangan air panas ya karena bisa membuat kulit kepala kering.

Jika saat ini rambut sedang rontok, aplikasikan cara ini tiga kali seminggu. Sementara, bagi Anda yang ingin memiliki rambut bersinar, lakukan cara ini secara rutin dua kali seminggu. 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.