Sukses

Rajin Makan Ikan, Menstruasi Jadi Tak Menyakitkan

Suasana hati jadi nyaman dan tak merasakan nyeri selama menstruasi jika rajin makan ikan

Liputan6.com, Jakarta Wanita menghindari konsumsi lemak karena khawatir bisa bikin gendut. Namun, kekurangan sumber lemak pun tak baik untuk tubuh mereka, salah satu dampaknya, siklus menstruasi jadi terganggu.

Perlu wanita ketahui bahwa tak semua lemak diciptakan sama. Lemak yang berasal dari ikan, misalkan, yang justru sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Lemak pada ikan disebut dengan omega-3. Ahli Gizi dari Departemen Nutrisi dan Diet di Rumah Sakit Wanita dan Anak-anak KK, Singapura, Kellie Kong, menjelaskan, omega-3 terdiri dari tiga macam asam; asam alfa-linolenat (ALA), asam docosahexaenoic (DHA), dan asam eicosapentaenoic (EPA), yang tidak menyehatkan jantung, tapi juga otak kita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keuntungan Makan Lemak dari Ikan

Berikut keuntungan mengonsumsi lemak dari ikan bagi seorang wanita, seperti dikatakan Kellie Wong, dikutip dari Singapore Health XChange pada Selasa, 9 Oktober 2018.

1. Meredakan nyeri haid

Kram dan rasa tidak nyaman di perut menjadi 'musuh' ketika datang bulan menghampiri. Ini terjadi karena kontraksi cukup kuat dari raim yang dipicu oleh zat kimia di tubuh yang terlibat langsung dengan rasa sakit dan peradangan, yang dikenal dengan protaglandin.

Penelitian telah menemukan bahwa omega-3 yang terkenal dengan sifat anti-peradaganannya dapat membantu menenangkan rasa sakit dan nyeri selama menstruasi.

Ketika lemak baik ini masuk ke dalam tubuh, dia bertugas mengendalikan dan menstabilkan suasana hati wanita.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Lain Makan Ikan

2. Meredakan rheumatoid arthritis

Kondisi ini memengaruhi lebih banyak wanita daripada pria. Beberapa studi terkait kegunaan minyak ikan dan rheumatoid arthritis telah menunjukkan, lemak pada ikan secara signifikan dapat mengurangi nyeri sendi dan kekakuan pada pasien dengan kondisi tersebut.

Namun, Kelli tetap menganjurkan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk memastikan apakah perlu minyak ikan atau tidak guna mendapatkan lemak baik tersebut.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.