Sukses

Ajak Anak Nonton Pembukaan Asian Para Games, Ini Manfaatnya

Anda dan anak Anda sama-sama bisa menjadi saksi sejarah pembukaan Asian Para Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Pembukaan Asian Para Games 2018 digelar malam ini, Sabtu, 6 Oktober 2018. Diklaim acara pembukaan olahraga bagi atlet penyandang disabilitas terbesar se-Asia ini bakal tak kalah meriah dengan Asian Games 2018 yang digelar beberapa waktu lalu. 

Bagi Anda dan keluarga yang tak sempat menyaksikan langsung, bisa juga menontonya di rumah. Bisa menonton televisi atau streaming. Anda dan anak Anda sama-sama bisa menjadi saksi sejarah pembukaan Asian Para Games 2018

Selain itu, nonton pembukaan Asian Para Games tak hanya merupakan suatu bentuk quality time bagi orangtua dan anak. Di bawah ini adalah berbagai manfaat positif lainnya.

1. Ikatan keluarga lebih erat

Menyaksikan acara olahraga, termasuk upacara pembukaan Asian Para Games, adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Paling tidak, momen kebersamaan ini dapat terekam dalam memori Anda dan anak yang akan diingatnya hingga ia dewasa nanti.

2. Mengajarkan anak kebanggaan dan sikap hormat

Associate creative director & set designer upacara pembukaan Asian Para Games, Jay Subiakto, menyebut pembukaan ini akan mengangkat tema tentang Indonesia. Ini berarti anak-anak bisa ditanamkan rasa bangga dan kecintaan Tanah Air. Selain itu, adanya unsur musik atau ornamen tradisional lainnya bisa memperdalam pengetahuan tentang kekayaan budaya Indonesia.

Sementara itu, dengan 42 negara Asia yang siap bertanding dan akan ikut dalam parade pada upacara pembukaan, anak-anak bisa diajarkan tentang keanekaragaman bangsa dan ras, serta menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. Ajak anak Anda untuk bertepuk tangan saat melihat negara lain berparade sebagai bentuk penghormatan kepada orang lain.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesadaran budaya

3. Kesadaran budaya

Tata panggung yang menyerupai garis ekuator serta pakaian pengisi acara yang menonjolkan khas Indonesia bisa membuat anak-anak menyadari budaya mereka. Dengan iringan musik tradisional, ini juga bisa membuat anak-anak bangga dengan alat musik asli Indonesia.

4. Kesatuan

Anak-anak pasti akan melihat bahwa tidak semua atlet terlihat sama karena negara asalnya yang berbeda-beda. Ajarkan anak bahwa walaupun terdapat perbedaan fisik, tapi pada dasarnya semuanya sama: sama-sama berjuang meraih prestasi. Apalagi tema Asian Para Games tahun ini adalah “We Are One”, yang merupakan kisah tentang bangsa yang memiliki keberagaman dan merayakannya dalam pesta olahraga.

5. Inspirasi

Asian Para Games adalah pesta olahraga untuk penyandang disabilitas. Ini bisa menginspirasi anak, bahwa meskipun memiliki keterbatasan, tetapi tekad dan kekuatan para atlet tak menjadi penghalang untuk mereka mengukir prestasi. Ajarkan anak bahwa kerja keras dan dedikasi adalah nilai-nilai penting untuk meraih kesuksesan.

 

 

Penulis: Krisna Octavianus Dwiputra

Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.