Sukses

Dampak Positif Warna Cat Dinding Cerah buat Anak

Pilihan warna cat dinding di rumah yang cerah berdampak positif pada stimulasi tumbuh kembang anak.

Liputan6.com, Jakarta Pilihan warna cat dinding yang cerah di rumah memberikan efek positif yang dahsyat bagi tumbuh kembang anak. Agar anak terstimulasi dengan baik, warna cat yang cerah (biru, merah, hijau, kuning) bisa menjadi pilihan terbaik.

Saat ditemui di KidZania, Mall Pacific Place, Jakarta, dokter spesialis anak Ariani Dewi Widodo mengungkapkan, anak kecil suka dengan warna-warna cat cerah.

"Tidak ada rekomendasi khusus, warna cat apa yang terbaik buat anak. Tapi anak kecil itu suka dengan warna cerah. Karena warna cerah untuk menstimulasi tumbuh kembang anak," ungkap Ariani, ditulis Jumat (28/9/2018).

Anak kecil juga cenderung suka dengan warna biru. Warna biru punya efek menenangkan.

Jika anak sudah tumbuh lebih besar, pilihan warna cat dinding yang digunakan bisa lebih bebas.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menonjol untuk dilihat

Anak-anak cenderung memilih warna yang lebih cerah saat usia dini karena mata mereka belum sepenuhnya berkembang. Mereka melihat warna-warna yang cerah ini lebih baik daripada nuansa redup.

Dilansir dari Sciencing, warna-warna cerah dan kontras lebih menonjol untuk dilihat. Dalam hal pengenalan warna, warna yang cerah biasanya diibaratkan dengan objek tertentu. Misal, anak sering mengasosiasikan warna merah dengan apel, oranye dengan jeruk, kuning dengan pisang atau matahari, hijau dengan rumput, biru dengan langit atau ungu dengan anggur.

Warna-warna cerah juga dikenal memiliki makna yang lebih dalam. Seperti merah identik dengan berani, hijau dengan alam, dan biru dengan ketenangan.

Selain itu, warna juga memengaruhi emosi anak. Warna hangat seperti oranye dan kuning membawa kebahagiaan dan kenyamanan.

Merah dikenal untuk meningkatkan denyut jantung dan karenanya meningkatkan kewaspadaan dan nafsu makan, sementara warna-warna dingin seperti biru dan hijau cenderung memiliki efek yang menenangkan.

Guru dan orangtua dapat mempertimbangkan, warna apa yang memengaruhi suasana hati anak-anak saat ingin mengecat ruang kelas atau kamar tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.