Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Dibanding Bercinta, Masturbasi Tak Banyak Bakar Kalori

Jika Anda berharap masturbasi juga punya manfaat untuk membakar kalori, pikirkan ulang. Sesi solo ternyata tak sebaik jika dibandingkan bercinta sungguhan

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang mengklaim bahwa masturbasi sama melelahkannya dengan berolahraga. Namun, berapa kalori yang terbakar ketika Anda memuaskan diri sendiri secara seksual?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLOS One mengungkap, perempuan mampu membakar rata-rata 69 kalori ketika melakukan seks penetratif. Hal itu sekitar tiga kalori per menit. Sementara pria, membuang 101 kalori.

Namun, menurut Ahli Kesehatan Seksual Jessica Shepherd, Anda tidak akan membakar kalori sebanyak itu saat masturbasi.

"Jika Anda berpikir tentang masturbasi, pembakaran kalori akan jauh lebih sedikit dari itu," kata Shepherd, melansir Women's Health pada Rabu (26/9/2018).

Menurutnya, untuk satu sesi bercinta dibutuhkan lebih banyak gerakan tubuh. Namun, berbeda dengan masturbasi. Anda mungkin hanya berbaring menggunakan tangan, atau bagi perempuan memakai vibrator.

Ini membuat tubuh tidak berubah dari satu posisi ke posisi lainnya, dengan penuh semangat, atau berpindah dari tempat tidur, lantai, dan kembali ke ranjang lagi. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Detak Jantung yang Meningkat

Masturbasi jelas bukanlah olahraga. Terutama, bagi Anda yang ingin membakar kalori.

"Untuk mengeluarkan kalori, Anda perlu meningkatkan detak jantung untuk waktu yang lama," tambah shepherd.

Dia mengatakan, klimaks tidak akan membuat detak jantung sampai ke tingkat yang dianggap membakar lemak, maupun disetarakan dengan latihan kardio.

Walaupun begitu, Shepherd mengatakan bahwa masturbasi tetap memiliki manfaat positif bagi wanita.

"Itu tidak membuang kenyataan bahwa hal tersebut bisa sangat sehat bagi seorang wanita," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.