Sukses

Hidangan Bayam Asal Karibia Ini Ternyata Digemari Ratu Elizabeth II

Dalam film dokumenter terbarunya, terungkap Ratu Elizabeth II menyukai hidangan bayam asal Karibia bernama Callaloo

Liputan6.com, Jakarta Ratu Elizabeth II memiliki pola makan yang khusus. Namun, bukan berarti dia tidak boleh memanjakan lidahnya dengan sebuah kuliner yang lebih eksotis.

Selain teh, biskuit, produk lokal, dan ikan segar yang ada di menu makanannya, Ratu Elizabeth II ternyata juga merupakan penggemar makanan asal Karibia yang disebut Callaloo. Ini terungkap dalam sebuah film dokumenter HBO yang berjudul Queen of the World.

Mengutip Prevention pada Rabu (26/9/2018), Koki Kerajaan Inggris, Mark Clanagan mengatakan, Ratu Elizabeth II yang sudah berusia 92 tahun baru-baru ini meminta hidangan yang berwarna- warni. Selain itu, sang Ratu juga menggambarkan makanan tersebut adalah sebuah "sensasi mutlak."

Clanagan menceritakan, Ratu pertama kali mencoba makanan tersebut tahun lalu. Saat itu, perwakilan dari wilayah kepulauan Karibia yang dikuasai Britania Raya, memberikan sang Ratu dan Pangeran Philip, sedikit gagasan tentang apa yang dimakan di rumah.

"Sejumlah hidangan Karibia sangat diterima dengan baik," kata Clanagan seperti yang dilaporkan Express.

"Sup Callaloo itu benar-benar sensasional," tambahnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hidangan Callaloo

Callaloo sendiri sebenarnya berasal dari Afrika Barat. Namun, hidangan pedas ini populer di seluruh Karibia.

Beberapa isi yang ada di hidangan tersebut biasanya terdiri dari sayuran seperti bayam atau amaranth (yang juga disebut callaloo) atau talas, irisan bawang, daging sapi atau babi, dan juga bumbu rempah-rempah. Variasi lainnya bisa berupa santan, lobster, labu, atau cabai.

Walaupun begitu, sang Ratu mungkin tidak akan memakannya dengan berlebihan. Sekalipun dia adalah seorang penggemar makanan pedas. Mantan koki kerajaan, Darren McGRady mengungkapkan, dia tetap mengonsumsinya dengan ukuran porsi kecil.

Sang Ratu sendiri lebih memilih empat porsi makanan ringan ketimbang mengonsumsi tiga porsi makan besar. Selain itu, dia juga tidak mampu menghindari dari hal-hal yang disukainya seperti cokelat hitam dan kue.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.