Sukses

Bahaya Terlalu Sering Makan Saus Sambal

Saus sambal memang jadi pelengkap makanan, tapi ada bahaya bila sering mengkonsumsinya.

Liputan6.com, Amerika Serikat Saus sambal memang jadi teman makan paling enak. Tanpa saus sambal, makan gorengan pun terasa tak lengkap.

Bahan saus sambal yang terbuat dari cabai, gula, garam, zat aditif, dan pengawet bertujuan rasa saus sambal tetap terjaga. Satu porsi sajian dengan satu sendok teh mengandung 80 miligram natrium dan 1 gram gula.

"Sangat penting untuk mempertimbangkan, seberapa tidak realistis ukuran porsi satu sendok teh sebenarnya. Sebagian besar dari kita mungkin menuang sekitar dua sendok makan saus sambal saat kita meletakkannya pada makanan. Artinya, 400 mg natrium tambahan akan masuk ke tubuh Anda," jelas ahli diet Tracy Lockwood dari New York City, Amerika Serikat.

Kadar natrium tinggi dari bahan saus sambal juga dapat menyebabkan retensi cairan (kelebihan cairan dalam tubuh), ketidakseimbangan elektrolit, dan kembung, dilansir dari Refinery29, Rabu (26/9/2018).

Ketika mengkonsumsi natrium, hal itu akan menarik air ke dalam aliran darah, yang meningkatkan tekanan darah, menurut American Heart Association.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Risiko serangan jantung dan stroke

Seiring waktu tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan saus sambal bila mengkonsumsinya tiap hari.

Selain jumlah natrium, sodium, bawang putih, dan cabai, saus sambal bisa juga memicu mulas. Beberapa orang mungkin mengalami gangguan gastrointestinal, seperti mual, muntah, sakit perut, dan diare.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan, cabai mengandung senyawa yang disebut capsaicin. Senyawa ini dapat meningkatkan metabolisme.

"Namun, kadar capsaicin pada saus sambal itu tidak aman dan berpotensi sangat berbahaya. Sistem pencernaan bisa terganggu," ujar Lockwood.

3 dari 3 halaman

Tutupi rasa makanan

Yang perlu diperhatikan ternyata tidak baik untuk menambahkan saus sambal ke makanan, terutama bila Anda meletakkannya di makanan sehat seperti biji-bijian, sayuran, dan telur.

"Ini akan menutupi rasa makanan sehat yang dikonsumsi. Jika Anda ingin menambahkan rasa ke makanan Anda, baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan bumbu lain sebagai gantinya. Bumbu yang mungkin memiliki lebih sedikit natrium," Lockwood melanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.