Pacu Adrenalin, Ketahui 6 Manfaat Sehat dari Paralayang

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 25 Sep 2018, 10:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2018, 10:00 WIB
Paralayang Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Paralayang termasuk olahraga kompetitif dan rekreasi yang luar biasa. Percaya atau tidak, paralayang dapat membantu seseorang menjadi tidak takut.

Olahraga paralayang akan membantu seseorang mendapatkan udara segar dan sinar matahari. Anda akan bisa mendapatkan banyak vitamin D yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang lebih kuat sekaligus memperkuat kekebalan tubuh.

Sebagaimana dilansir dari The Health Site, Selasa (25/9/2018), ada beberapa manfaat kesehatan melakukan paralayang.

1. Tingkatkan keseimbangan

Paralayang akan membangun otot postural pelvis. Anda akan dapat memperkuat otot paha. Ketika otot kuat, Anda akan dapat terhindar dari cedera sehari-sehari saat melakukan kegiatan.

2. Anda akan punya adrenalin

Saat paralayang, Anda seakan berada di puncak dunia dan terbang dengan bersemangat. Adrenalin ini merupakan mekanisme untuk bertahan hidup. Ketika Anda melayang di langit, Anda akan menyadari hal-hal di sekitar Anda.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Bantu perkuat tubuh bagian atas

Paralayang Indonesia
Atlet paralayang Indonesia, Jafro Megawanto, saat berlaga pada nomor ketepatan mendarat individual di Gunung Mas, Jawa Barat (21/08/2018). Tim paralayang Asian Games Indonesia sementara masih berada dalam tiga besar. (merdeka.com/arie basuki)

3. Bantu perkuat tubuh bagian atas

Anda harus mengontrol parasut dengan kekuatan lengan atas. Ini akan dapat meningkatkan jangkauan gerak, cengkeraman, fleksibilitas, dan mobilitas.

4. Lawan kegemukan

Menurut sebuah penelitian, Anda akan dapat membakar sekitar 230 kalori per jam selama sesi paralayang. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan mencoba semua diet, tapi gagal, coba rutin lakukan paralayang. 

3 dari 3 halaman

Hilangkan stres

Paralayang Indonesia
Atlet paralayang Indonesia, Lis Andriana, saat berlaga pada nomor ketepatan mendarat individual di Gunung Mas, Jawa Barat (21/08/2018). Tim paralayang Asian Games Indonesia sementara masih berada dalam tiga besar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

5. Hilangkan stres

Anda akan dapat mengatasi stres dengan efektif jika Anda melakukan aktivitas intensitas tinggi dengan paralayang. Solusi ini dapat membantu Anda hilangkan stres dan membuat rileks. Hasilnya, Anda akan merasa tenang.

6. Tingkatkan rasa percaya diri

Aktivitas ini membantu Anda menaklukkan rasa takut. Paralayang juga akan membantu tingkatkan keterampilan untuk mengambil keputusan.

Lanjutkan Membaca ↓