Sukses

KPAI Sorot Perlindungan Anak di Kampung Idiot Ponorogo

Adanya aduan masyarakat tentang perlindungan anak di Kampung Idiot, Ponorogo menjadi perhatian dari KPAI

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan Kampung Difabel atau Disabilitas di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menjadi perhatian Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Hal ini dinyatakan dalam rilis KPAI yang diterima Health Liputan6.com pada Senin (24/9/2018).

Menurut Komisioner KPAI Bidang Sosial dan Anak dalam Situasi Darurat KPAI Susianah Affandy, KPAI banyak menerima aduan masyarakat tentang perlindungan anak disabilitas di wilayah yang sering disebut dengan Kampung Idiot tersebut. Sehingga, pihaknya akan melakukan pengawasan di beberapa daerah.

"Pengawasan tersebut sebagai respon atas aduan masyarakat tentang perlindungan anak disabilitas di Kabupaten Ponorogo," ujar Susianah.

Beberapa desa yang akan mendapat perhatian dari KPAI antara lain Desa Sidoharjo, Karangpatihan, dan Krebet, Kabupaten Ponorogo.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Disabilitas

Menurut keterangan yang diterima pihak KPAI, masyarakat melaporkan bahwa penyebab disabilitas mental diduga disebabkan dari berbagai faktor.

"Dalam pengaduan masyarakat, penyebab disabilitas mental diduga karena multi-faktor, seperti nikah sejenis, gizi buruk, dan kemiskinan," kata Susianah.

Susianah mengungkapkan, paling tidak ada 400 warga di daerah tersebut yang mengalami disabilitas mental.

Susianah mengatakan bahwa mereka akan melakukan diskusi dan telaah bersama lembaga sosial penyandang disabilitas. Pihaknya juga mengatakan bahwa mereka telah memberikan surat kepada Bupati Ponorogo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.