ASI Sudah Keluar Saat Hamil, Normalkah?

Oleh Liputan6.com pada 23 Sep 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2018, 07:13 WIB
Ilustrasi Wanita Hamil (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Air Susu Ibu (ASI) sudah keluar dari puting payudara saat hamil kerap membuat ibu baru deg-degan. Untungnya, itu bukan perkara yang patut dikhawatirkan.

Seperti dilansir laman Parents, ASI sudah keluar saat hamil merupakan hal wajar dan umum dirasakan sebagian besar ibu hamil. Perlu kita tahu, protein yang membentuk ASI sudah mulai diproses di payudara sejak usia kehamilan masuk ke minggu ke 14.

Dengan adanya ASI yang sudah mulai terbentuk selama kehamilan, ini menandakan bahwa ibu sudah siap memberikan ASI ke buah hati yang baru lahir saat ia lahir nanti. Keluarnya ASI atau kolostrum saat hamil sendiri bisa terjadi sejak usia kandungan mencapai 5 sampai 6 bulan atau berada di trimester ke tiga.

Keluarnya ASI selama kehamilan tidak akan mengurangi produksi ASI setelah melahirkan nanti. Jadi, tak perlu khawatir akan kehabisan produksi ASI saat menyusui asalkan memiliki asupan nutrisi yang terbaik buat melancarkan dan memperbanyak produksi ASI.

Selama kehamilan ASI bisa keluar di saat melakukan aktivitas fisik cukup berat. ASI juga bisa keluar saat payudara terangsang terutama saat melakukan hubungan intim dengan suami.

Mengenai keluarnya ASI di waktu yang lebih awal ini tidak bisa dicegah. Hanya saja, agar ASI yang keluar tetap bisa membuat mom nyaman, usahakan agar memakai bra yang menyerap ASI dengan baik. Bila perlu, gunakan bantalan payudara atau breast pads agar ASI tidak menimbulkan bercak atau bekas di baju.

 

 Penulis: Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

Saksikan juga video menarik berikut:

Live Streaming

Powered by