Sukses

5 Trik agar Ibu Hamil Bebas dari Gangguan Pencernaan

Untuk mencegah gangguan pencernaan, ibu hamil bisa melakukan beberapa cara pencegahan.

Liputan6.com, Jakarta Gangguan pencernaan kerap menghampiri wanita yang tengah hamil. Baik sembelit, diare, atau sekadar rasa kembung dan perut begah pernah dialami ibu hamil. Hal itu tentu mengganggu aktivitas.

Untuk mencegah gangguan pencernaan, bumil bisa melakukan beberapa cara pencegahan seperti dilansir dari Motherandbaby.co.uk.

1. Makan porsi kecil tapi sering

Ahli nutrisi sekaligus ilmuwan British Nutrition Foundation Dr Áine O'Connor, merekomendasikan makan 5-6 kali sehari, tapi dalam porsi kecil untuk mencegah asam lambung naik. Jangan terjebak harus makan banyak untuk dua orang hanya karena hamil, makan secukupnya saja.

2. Hindari makanan berlemak, pedas dan gorengan

Ibu hamil mungkin akan ngidam banyak makanan, tapi usahakan tidak sering makan makanan berlemak, pedas, dan gorengan untuk menghindari masalah pencernaan. Cukupi konsumsi makanan bernutrisi dari buah, sayur, ikan, dan daging rendah lemak. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minum susu

3. Minum susu dan yogurt

Susu dan yogurt bisa menjadi minuman terbaik ketika hamil jika kamu sedang tak ingin makan. Kaya nutrisi, protein dan terutama kalsium, susu dan yogurt bisa melancarkan pencernaan. Pilih yogurt atau susu rendah lemak untuk menjaga pencernaan.

4. Jangan makan laut malam

Makan makanan harus dibatasi sampai sore saja. Hindari makan laut malam karena bisa menyebabkan perut penuh dan sulit tidur. Jika lapar malam hari, ambil camilan kecil berupa buah, jangan makanan berat.

5. Ketahui apa yang kamu makan

Kamu harus bisa keep a track apa yang kamu makan dalam sehari. Dengan begini, kamu tahu penyebabnya jika perut terasa tak enak dan bisa menghindari makanan tersebut di lain waktu.

Itu yang perlu kamu lakukan untuk mencegah gangguan pencernaan selama hamil.

Reporter: Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini