Sukses

Tips Hidup Sehat Sederhana ala Banyu Bening

Sebagai health enthusiast, Banyu Bening berbagi cara jalani gaya hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang health enthusiast, Banyu Bening (26) sering berbagi tips hidup sehat, terutama untuk perempuan

Menurut wanita yang sering mengunggah video saat olahraga di interneet ini badan ideal perempuan tiap orang berbeda-beda. Banyu mengatakan, yang terpenting bagi seseorang sesungguhnya adalah hidup sehat bukan soal penampilan fisik atau persoalan kurus dan gemuknya tubuh seseorang.

"Tidak harus sampai kurus banget. Soalnya kan kalau kurus banget kan tidak sehat," kata Banyu Bening ketika ditemui Health Liputan6.com di kantor Kapanlagi Youniverse, Gondangdia, Jakarta Pusat ditulis Rabu (19/9/2018).

Apabila seseorang sudah menerapkan hidup sehat, kata Banyu, hal tersebut secara otomatis sudah membuat tubuhnya ideal.

"Pokoknya kalau misalkan pola hidupnya sehat, ya badannya sudah ideal. Kalau kamu sudah melakukan pola hidup yang sehat," kata Banyu menuturkan.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Pernah Timbang Badan

Banyu tidak terlalu memperhatikan tentang indeks massa tubuh (IMB). Karena hal tersebut bagi Banyu terkadang malah membuat seseorang terlalu kepikiran dan malah bikin stres.

"Aku enggak terlalu terpaku sama hitungan itu sih. Aku juga memang tidak terpaku sama timbangan. Aku enggak pernah nimbang. Yang penting kalau kalian lihat badannya sudah progress ya itu sudah bagus," tutur wanita memiliki bisnis di bidang pakaian olahraga ini.

Bahkan, dengan olahraga saja tidak menjamin bahwa berat badan turun. "Timbangan kalian belum tentu turun juga. Misalnya lemaknya berkurang tapi kan massa ototnya naik. Jadinya beratnya sama saja. Jadi enggak usah terlalu dibawa stres."

Ia pribadi paling tidak olahraga tiga kali dalam seminggu. Hal ini juga dia sarankan untuk masyarakat.

"Kalau aku menyarankan tiga kali seminggu. Karena kalau olahraga setiap hari juga enggak bagus. Harus ada hari istirahat. Kalau enggak ada rest-day, ototnya jadi tidak ada waktu untuk healing," kata putri 

 

3 dari 3 halaman

Clean Eating

Banyu mengatakan dirinya paling tidak berolahraga selama 45 menit hingga satu setengah jam. Olahraga tak perlu lama-lama, yang penting, melakukannya haruslah intens dan tidak membuang waktu dengan hal yang tidak perlu, seperti bermain ponsel.

Untuk pola makan sendiri, Banyu menjalani clean eating. "Jangan makan-makanan yang diproses seperti nugget, sosis seperti itu. Kalau sudah kebanyakan diproses, sudah terlalu banyak kimia kalau bisa jangan," ujarnya.

Selain itu, gula, tepung, dan goreng-gorengan juga disarankan agar tidak terlalu banyak dikonsumsi.

Mengenai nasi, Banyu mengakui dia tetap mengonsumsi nasi. Namun, tentu juga dengan porsi terbatas dan gizi seimbang.

"Aku makan nasi, tetap. Yang penting bukan nasinya tapi lauknya. Kalau lauknya tidak sehat ya jadi tidak sehat. Kalau masak sendiri kan kalian lebih tahu apa yang dimasukkan dalam makanan," tambah Banyu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.