Sukses

Catat, Begini Pertolongan Pertama Saat si Kecil Asma

Asma yang menyerang anak tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Begini cara memberikan pertolongan pertama.

 

Liputan6.com, Jakarta Orangtua dari anak yang memiliki asma harus tahu cara mengatasi jika suatu saat menyerang si Kecil secara mendadak. 

Asma merupakan kondisi alergi kronis yang menyebabkan saluran pernapasan mengalami peradangan dan menyempit. Hal ini menyebabkan penderitanya sangat kesulitan bernapas.

Serangan asma sendiri ada yang levelnya ringan hingga parah, dan dapat menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengetahui pertolongan pertama untuk asma.

Jika buah hati adalah penderita asma, pastikan Anda tahu cara mengatasinya. Gejala asma pada anak biasanya sangat khas, yaitu napas mengi atau berbunyi 'ngik ngik'. Saat kondisinya cukup parah napasnya sangat sesak, dadanya terasa tertekan dan batuk parah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wajah Anak yang Asma

Wajah anak juga jadi sangat pucat karena kekurangan oksigen. Selalu sediakan oksigen kaleng dan obat semprot asma untuk dibabawa ke mana pun. Saat serangan terjadi, jangan panik.

Minta anak duduk dengan posisi tegak dan tenangkan. Berikan obat asma semprot, baik yang biru atau pun abu-abu.

Tunggu selama 4 menit, jika tak ada perubahan atau semakin sesak, berikan oksigen. Segera ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan sambil berikan oksigen sepanjang perjalanan.

Kuncinya adalah tidak panik. Suasana yang tegang malah bisa membuat kondisi anak semakin sesak.

Penulis : Mutia/ Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asma adalah penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas.

    Asma

  • Dream.co.id

Video Terkini