Ibu Menyusui Hanya Butuh 4 Makanan Ini agar Tubuh Tak Gampang Lemas

Oleh Aditya Eka Prawira pada 15 Sep 2018, 16:00 WIB
Ilustrasi Produksi Air Susu Ibu (ASI) (iStockphoto)

 

Liputan6.com, Jakarta Tubuh menjadi mudah lemas merupakan kendala yang paling sering dirasakan oleh ibu yang sedang menyusui. Namun, rasa lelah tersebut sebenarnya bisa dihilangkan atau bahkan tak akan dirasakan jika asupan makanan sehari-hari sudah benar. 

Sama halnya ketika hamil, saat menyusui pun seorang ibu harus mengonsumsi makanan dan minuman kayak gizi.  Sebab, untuk memproduksi air susu ibu (ASI), tubuh bakal membakar 500 kalori setiap hari. Jika asupan harian ibu tak mencukupi, tubuh mudah lemas dan lelah.

Berikut menu-menu yang harus ada di diet harian seorang ibu yang sedang menyusui, seperti dikutip dari situs Parents pada Sabtu, 15 September 2018.

Asam folat

Asupan asam folat sangat penting untuk perkembangan otak bayi di usia tiga bulan pertama, yang dia dapatkan lewat ASI. Karena itu penting bagi ibu mengonsumsi makanan kaya asam folat atau suplemen khusus.

Multivitamin

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, ibu juga harus dibekali dengan multivitamin. Multivitamin apa yang cocok, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan ibu.

 

2 of 2

Konsumsi Ikan bagi Ibu Menyusui

Ikan Salmon Daging Salmon
Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Kalsium dan Ikan

Perbanyak konsumsi ikan karena kaya omega-3. Omega-3 tidak hanya baik bagi ibu, tapi juga untuk tumbuh kembang si bayi.

Perbanyak cairan

Menurut Nancy Hurst, Ph.D., Direktur Layanan Laktasi di Houston, kebutuhan cairan yang terpenuhi akan membuat tubuh ibu tetap terjaga level energinya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by