Sukses

Siapa Thanos yang Dimaksud Jokowi dalam Pidato di Forum Ekonomi Dunia?

Thanos yang menjadi musuh utama para Avenger dalam film Infinity War disebut dalam pidato Presiden Jokowi di Forum Ekonomi Dunia membuka kegiatan ini, Rabu, 12 September, di Hanoi, Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta Thanos yang menjadi musuh utama para Avenger dalam film Infinity War disebut dalam pidato Presiden Jokowi di Forum Ekonomi Dunia membuka kegiatan ini, Rabu, 12 September, di Hanoi, Vietnam. Siapa Thanos yang dimaksud Jokowi dijelaskan dalam bagian akhir pidatonya.

"Maaf saya telah membuat Anda semua bingung. Thanos yang saya maksud bukanlah individu. Thanos adalah sebuah kepercayaan yang salah bahwa untuk mencapai keberhasilan bagi kita, yang lain harus mengalah," ujar Jokowi.

Thanos, kata Jokowi, adalah persepsi yang salah bahwa untuk meningkatkan pendapatan berarti harus mengurangi pendapatan pihak lain.

"Karena itu, infinity war (perang tanpa batas) bukanlah semata perang dagang yang kita alami. Tapi ini berarti setiap dari kita harus belajar lagi tentang sejarah, bahwa dengan kreativitas, energi, kolaborasi dan kemitraan, kita sebagai manusia dapat menikmati kelimpahan," tegas Jokowi.

Kita (negara-negara ASEAN), kata Jokowi, dapat berbagi serta menghasilkan sumber yang tak terbatas dan bukannya "perang yang tak terbatas".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini