Sukses

Usai Konsumsi Antibiotik, Lidah Wanita Ini Berubah Hitam dan Berbulu

Lidah pasien wanita berubah warna hitam dan berbulu setelah diberi antibiotik, yang mana obat tersebut untuk mengobati infeksi yang dialaminya.

Liputan6.com, Missouri, Amerika Serikat Lidah seorang wanita berusia 55 tahun berubah hitam dan berbulu setelah ia diberi antibiotik. Wanita itu diberi dua jenis antibiotik berbeda, yakni meropenem dan minocycline. Setelah seminggu berjalan, wanita itu dilaporkan merasa mual dan rasa tidak enak di mulutnya.

Gejala lain yang lebih mencolok, pada lidah wanita yang tak disebut namanya ini tumbuh bulu hitam (black hairy tongue). Kondisi wanita tersebut dicatat pada laporan berjudul, Black Hairy Tongue, yang dipublikasikan The New England Journal of Medicine pada 6 September 2018.

Wanita itu diberi dua jenis antibiotik untuk mengobati infeksinya. Ia mengalami kecelakaan mobil dan kena infeksi luka polimikrobial - infeksi yang disebabkan oleh lebih dari satu mikroba.

Menurut Yasir Hamad, dokter yang berpraktik di Washington University School of Medicine, St. Louis, Missouri, kondisi lidah berbulu hitam yang dialami wanita itu tidaklah mengejutkan.

"Ini tidak berbahaya. Kondisi ini muncul disebabkan pembesaran dan pertumbuhan tonjolan kecil di permukaan lidah," tulis Yasir dalam laporan tersebut, dikutip dari Live Science, Minggu (9/9/2018).

Benjolan yang disebut filiform papilae ini tidak seperti papillae jenis lain di lidah. Itu tidak mengandung perasa, menurut Encyclopedia of Neuroscience. Jenis benjolan itu membantu mencengkeram makanan di permukaan lidah, menurut sebuah makalah yang diterbitkan pada tahun 2016 di jurnal Developmental Dynamics.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efek samping minocycline

Lidah berbulu hitam bisa disebabkan sejumlah faktor, termasuk efek obat-obatan tertentu, merokok, obat kumur tidak cocok atau kebersihan mulut yang buruk. Dalam kasus pasien wanita itu, para dokter menduga, antibiotik minocycline adalah penyebabnya.

Minocycline termasuk antibiotik kelas tetrasiklin, yang kadang-kadang digunakan untuk mengobati jerawat. Obat ini relatif diterima tubuh dengan baik, tetapi juga dapat memiliki efek samping yang serius bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

"Antibiotik ini dapat menyebabkan perubahan warna pada mata. Kami tidak memberikannya kepada anak-anak karena dapat merusak gigi secara permanen," kata Yasir, dilansir dari BuzzFeed News.

3 dari 3 halaman

Dapat diobati dan sembuh

Lidah berbulu hitam dapat sembuh dan diobati. Ketika dokter mengganti minocycline ke antibiotik lain dan menyarankan pasien wanita itu untuk menjaga kebersihan mulut dengan baik, lidahnya kembali ke penampilan normal dalam waktu satu bulan.

Perawatan lidah berbulu hitam biasanya dilakukan dengan berhenti minum obat yang menyebabkan kondisi tersebut dan menjaga kebersihan mulut.

Jika Anda melihat lidah berubah menjadi cokelat atau hitam, jangan panik. Pergilah ke dokter atau dokter gigi untuk memeriksakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.