Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Catat, Perubahan Kehidupan Seks di Usia 50-an

Ada perubahan kehidupan seks yang terjadi pada wanita saat usia 50-an, yang mana memasuki menopause.

Liputan6.com, Jakarta Berhubungan seks setelah usia 50-an tahun akan terasa berbeda. Ini karena Anda berada di fase menopause.

Sebagaimana dilansir dari Times of India, Minggu (9/9/2018), jika Anda sedang menuju atau sudah dalam masa menopause, tidak berarti Anda harus menyerah pada kehidupan seks.

Ada beberapa hal tentang perubahan hubungan seks setelah usia 50 tahun yang perlu diketahui sehingga Anda dapat mengatasinya.

Kekeringan vagina

Salah satu gejala klasik menopause adalah kekeringan vagina. Anda juga menghadapi hot flashes, semua pori-pori berkeringat, kecuali area sensitif, vagina.

Kekeringan vagina terjadi karena tubuh berhenti memproduksi estrogen (hormon seks wanita) atau hanya memproduksi sedikit. Padahal, estrogen yang membuat vagina terlumasi. Kekeringan vagina meningkat seiring usia, yang mengarah ke seks yang menyakitkan.

Cara terbaik untuk menghadapinya adalah tetap berhubungan seks. Kekurangan estrogen mempengaruhi aliran darah pelvis (panggul). Untuk merangsang aliran darah dengan melakukan hubungan seks.

Hal ini dapat meremajakan sel, Anda bisa menciptakan lebih banyak uap air di vagina. Anda bahkan dapat menggunakan pelumas dan pelembap vagina.

 

 

Simak video menairk berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Libido turun

Beberapa wanita punya dorongan seks yang lebih tinggi di usia 50-an. Selama waktu pra-menopause punya tingkat testosteron yang lebih tinggi. Ini menghasilkan libido yang lebih tinggi.

Adanya penurunan libido saat menopause dipicu kekeringan vagina. Anda dapat mencoba metode yang membuat hal-hal menjadi panas di antara Anda dan pasangan Anda, seperti foreplay lebih lama.

Tidak perlu takut hamil

Anda tidak lagi menstruasi. Bagi banyak wanita, ada rasa tidak nyaman melakukan hubungan seks saat sedang menstruasi.

Pada usia 50 tahun, Anda tidak perlu khawatir tentang hamil.

3 dari 3 halaman

Merasa kurang tertarik satu sama lain

Tubuh wanita melewati banyak hal selama fase menopause, yang bisa membuat kepercayaan diri hilang. Tetapi ini tidak seharusnya terjadi, bukan hanya Anda, tetapi juga pasangan yang sudah menua.

Merasa kurang tertarik terhadap satu sama lain adalah normal selama masih ada cinta satu sama lain.

Jaga kesehatan, makan dengan baik, dan aktif secara fisik adalah beberapa hal yang dapat membuat segalanya menjadi lebih baik untuk Anda berdua yang juga makin menua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.