Sukses

Usia Tepat Ajarkan Anak Baca dan Memahami Isi Alquran

Membaca alquran sebaiknya diajarkan saat anak berumur tiga tahun

Liputan6.com, Jakarta Alquran merupakan pedoman dan penyelamat kehidupan seluruh umat muslim hingga akhir hayat. Dan sudah kewajiban bagi mereka yang memeluk agam Islam mempelajari Alquran. 

Banyak orangtua yang mulai mengajarkan anak-anaknya membaca Alquran sejak sangat kecil. Dengan harapan kegiatan itu menjadi kebiasaannya sampai besar nanti. Lantas, di usia berapa anak diajarkan membaca Alquran?

 

Tentunya dengan pendekatan yang sangat ramah anak dan bernuansa menyenangkan. Di umur 3 tahun, anak-anak sudah mulai bisa diajak membaca surat-surat pendek. Hal ini bukan tanpa alasan.

Seperti dikutip dari Muslim.or.id, di usia 3 tahun akal anak mulai berkembang, memorinya masih bersih murni, ia masih senang dengan kisah-kisah dan ia masih mudah menuruti apa yang diperintahkan.

Hendaknya yang mulai mengajarkan ayat-ayat Alquran adalah kedua orang tuanya. Karena secara umum, pada seumur 3 tahun anak belum bisa memiliki pelafalan yang stabil dan masih sulit memfokuskan diri untuk melafalkan bacaan dengan benar

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baca Alquran Sejak Dini

Hendaknya mendiktekan surat-surat pendek kepada anak, dan mengulang-ulang ayatnya. Jika ayatnya panjang, bisa dipotong-potong menjadi beberapa kalimat. Sampai mereka bisa mampu melatihnya dan mengulang-ulangnya sendiri tanpa didikte.

Bisa juga menggunakan beberapa media rekaman murattal yang dapat membantu anak menghafal Alquran. Jangan lupa menjelaskan makna-makna ayat dengan penjelasan yang menyenangkan.

Hal ini memudahkan anak untuk menghafal karena jika mereka paham maksud ayat, akan lebih mudah menghafalnya.

Kerahkan segala upaya terhadap anak agar membuat ia lebih mencintai Alquran dan membakar semangatnya untuk menghafal. Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Penulis : Mutia/ Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.