Sukses

Tidak Semua Kanker Darah adalah Leukemia

Sering salah kaprah, banyak orang menyamakan leukemia dengan kanker darah. Padahal, leukemia hanya salah satu tipe kanker darah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian besar orang awam, menyebut kanker darah dengan leukemia, begitu juga sebaliknya. Padahal tidak semua kanker darah adalah leukemia.

Menurut konsultan hematologi Parkway Cancer Center Singapura, Lim ZiYi leukemia merupakan salah satu dari tiga tipe kanker darah. Kesalahpahamanan ini terjadi kemungkinan karena leukemia merupakan tipe kanker darah yang paling sering di dengar oleh publik.

"Leukemia merupakan salah satu tipe kanker darah, ada juga limfoma dan myloma," kata Lim saat diskusi bersama media di Jakarta Selatan pada Kamis (6/9/2018).

Leukemia, kata Lim, merupakan tipe kanker darah yang mengganggu sel darah putih. Biasanya kondisi kanker ini sering terjadi pada anak-anak walau juga bisa pada orang dewasa.

Lalu, limfoma merupakan tipe kanker darah yang memengaruhi kelenjar getah bening dan sistem limfatik. Akibatnya, daya tahan tubuh seseorang jadi menurun seperti diterangkan dokter lulusan Kings College Hospital London ini.

"Limfoma ini sering terjadi dibanding leukemia," katanya.

Tipe kanker darah yang ketiga adalah myeloma. Ini adalah suatu kondisi kanker darah yang memengaruhi sumsum tulang dan dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya diagnosis

Mengingat ada banyak tipe kanker darah, Lim mengingatkan pentingnya diagnosis untuk menentukan tipe kanker darah. Beruntung, kini teknologi membantu dokter menganalisis tipe kanker yang diderita pasien.

"Dengan diagnosis yang tepat sakit kanker darah tipe apa, hal ini bisa membantu dokter dan tim menentukan pengobatan seperti apa untuk pasien tersebut," katanya.

Bisa dengan kemoterapi, targeted injection, stem cell atau kombinasi pengobatan. Semua itu, tergantung dengan kondisi masing-masing pasien.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.