Sukses

Melanie Putria Sedih Banyak Mama Modern Tak Paham Gizi

Putri Indonesia 2002, Melanie Putria, curhat tentang masih banyak mama modern yang belum memahami gizi dengan baik.

 

Liputan6.com, Jakarta Melanie Putria (36), Putri Indonesia 2002 ,keheranan saat 'mama-mama modern' masih belum tahu banyak seputar gizi. Dalam hal ini, pengetahuan soal gizi, seperti apa itu karbohidrat, protein, vitamin, sekaligus makanan apa saja yang mengandung gizi tersebut.

Ketidaktahuan Mama-mama modern diketahui Melanie Putria lewat sebuah grup chat WhatsApp. Di grup tersebut bergabung para mama muda yang masih punya anak usia sekolah.

"Saya nyebutnya 'mama-mama modern' maksudnya ya emak-emak modern yang habis nganter anaknya sekolah, main ke mal," ujar Melanie dalam acara "Perluaskan Jangkauan Gerakan Nusantara 2018 untuk Indonesia Timur" di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Pernah Melanie bertanya ke mama-mama modern, 'Sudah pada tahu belum sih 4 sehat 5 sempurna itu tidak ada lagi? Sudah tergantikan dengan konsep Pedoman Gizi Seimbang.' Ternyata mama-mama modern itu tidak pada tahu. Bahkan ada yang merespons kaget, 'Oh, ya? Masa? Baru tahu.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan tidak tahu, tapi abai

Ketidaktahuan mama-mama modern soal gizi membuat Melanie sedih dan miris. Hal ini berkaitan dengan makanan yang diberikan kepada anak.

"Misalnya, di rumah ada nasi dan mi goreng. Anaknya dikasih makan itu. Kan, itu dua-duanya karbohidrat. Zat gizi lainnya mana? Protein? Vitamin? Serat?" Melanie melanjutkan.

Ia menilai mama-mama modern yang setiap hari memegang gawai sebenarnya bukan tidak tahu seputar gizi, tapi abai. Tak hanya seputar gizi makanan saja, aktivitas fisik juga agak diabaikan.

"Misalnya, lagi car free day. Itu kan aktivitas fisik yang sehat (bisa lari, jalan kaki), tapi orangtua malas ngajak anaknya pergi. Malas gerak. Padahal, aktivitas sehat penting diajarkan ke anak. Anak seperti spons, menyerap semua hal yang diajarkan," ujar ibu yang punya anak kelas 2 SD ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.