Seusai Asian Games 2018, Muhammad Zohri Bantu PMI di Kampung Halaman

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 04 Sep 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 04 Sep 2018, 12:00 WIB
Indonesia Ulang Kesuksesan 52 Tahun Lalu Rebut Medali Perak Atletik Nomor 4x100 Meter Putra
Perbesar
Lalu Muhammad Zohri (dua kanan) bersama Fadlin, Eko Rimbawan, dan Bayu Kertanegara menunjukkan medali perak usai bertanding di final lari 4x100 meter cabang olahraga atletik Asian Games 2018 di Jakarta, Kamis (30/8). (AP Photo/Bernat Armangue)

 

Liputan6.com, Jakarta Usai gelaran olahraga Asian Games 2018, pelari Lalu Muhammad Zohri mengajak masyarakat membantu warga Lombok bangkit dari gempa yang melanda kawasan di Nusa Tenggara Barat tersebut.

"Ayo bangkit, kita pulihkan NTB kembali," ujar Lalu Muhammad Zohri dalam video yang dirilis akun Twitter Palang Merah Indonesia @palangmerah.

Lewat video itu, Zohri bersama PMI siap untuk membantu pemulihan Lombok pasca gempa. "Saya Lalu Muhammad Zohri, atlet lari Indonesia, bersama PMI membantu sesama demi kemanusiaan," kata Zohri yang mengenakan rompi jingga PMI tersebut.

Zohri sendiri ditemui oleh pihak PMI melibatkannya untuk aksi sosial yang dilakukan di tanah kelahirannya tersebut. Aksi ini ditanggapi positif dari pelari tersebut.

"Zohri semangat sekali ingin bantu warga Lombok," ujar Danus Raharjanto, salah seorang personel PMI yang bersilaturahmi ke kediaman Zohri di Dusun Karang Pangsur, Desa Pemenang Barat, Lombok Utara, pada Senin malam (3/9/2018).

Danus menceritakan, keterlibatan Zohri bermula dari obrolan ringan antara dirinya dan rekan-rekan tentang atlet lari yang berlaga di Asian Games 2018 tersebut. Hal itu disambut baik oleh Sekretaris PMI Kabupaten Lombok Utara, Rohayadi yang memiliki kedekatan dengan Zohri dan keluarganya.

"Zohri adalah sosok yang tangguh dan memiliki kedekatan dengan warga Lombok. Sosoknya tentu dapat membangkitkan kembali semangat warga paska bencana ini. Itulah mengapa PMI berinisiasi mengajak Zohri bergabung bersama untuk sama-sama bantu sesama," tambah Danus dalam laman resmi PMI, pmi.or.id.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Berlari untuk Kemanusiaan

Lalu Muhammad Zohri siap membantu PMI untuk pulihkan tanah kelahirannya, Lombok (Twitter.com/@palangmerah)
Perbesar
Lalu Muhammad Zohri siap membantu PMI untuk pulihkan tanah kelahirannya, Lombok (Twitter.com/@palangmerah)

Danus dan rombongan juga berkesempatan memberikan orientasi singkat kepalangmerahan, serta memberikan informasi terkait kegiatan PMI yang dilakukan di Lombok.

Zohri belum bisa terjun langsung dalam kegiatan sosial tersebut, karena padatnya latihan yang harus dijalani. Namun, ia berjanji akan menyempatkan diri untuk bergabung di sela kesibukannya.

"Harapannya usai berlari di Asian Games, Zohri juga bisa berlari untuk kemanusiaan bersama PMI," ungkap Danus.

Mengutip Bola.com, Zohri saat ini bersiap untuk menghadapi Olimpiade 2020. Terutama setelah dirinya gagal raih medali emas di Asian Games 2018.

Dia mengatakan sekalipun gagal, namun dia tak kecewa dan siap memperbaiki catatan waktunya dan tampil berprestasi di Olimpiade 2020.

Lanjutkan Membaca ↓