Cara Mengecilkan Payudara dengan Aman, Alami, dan Tanpa Obat

pada 03 Sep 2018, 14:15 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 15:40 WIB
Kiat Mengecilkan Payudara Secara Alami

Jakarta Salah satu aspek paling penting dari kewanitaan adalah payudara. Tentu keberadaan dan pertumbuhan payudara adalah yang membedakan antara jenis kelamin wanita dan pria. Payudara sendiri tumbuh dan berkembang dari jaringan embriologis. Pertumbuhannya dipengaruhi tingginya tingkat estrogen wanita selama masa pubertas.

Payudara adalah kelenjar susu yang terdiri dari lapisan berbagai jenis jaringan, termasuk jaringan adiposa, kelenjar dan ikat. Karena jaringan ini memiliki reseptor hormon, sering terjadi fluktuasi ukuran payudara dan volume berdasarkan perubahan hormonal di tubuh.

Soal asumsi kecantikan, wanita biasanya menginginkan payudara mereka berbentuk sempurna dan ideal. Namun, terkadang ukuran payudara bisa menjadi terlalu besar, yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor termasuk genetika, obesitas, kehamilan, menyusui, perubahan hormonal dalam tubuh dan karena pengaruh dari efek samping obat tertentu.

Memiliki payudara sangat besar bisa menyebabkan masalah fisik dan emosional. Masalah kesehatan yang bisa dialami yaitu ruam di bawah payudara, rasa nyeri karena tertekan, rasa nyeri pada punggung, rasa nyeri pada leher, serta sesak napas.

Bahkan hal ini bisa mempengaruhi postur tubuh, rasa percaya diri, dan daya tarik Anda. Apalagi wanita yang memiliki payudara besar akan mengalami kesulitan untuk berolahraga dan menemukan pakaian yang sesuai.

Ada beberapa cara mengecilkan payudara secara alami, seperti perubahan pada gaya hidup, perubahan pola makan, serta perawatan secara alami di rumah. Namun cara mengecilkan payudara ini tidak menargetkan secara khusus pada jaringan lemak payudara. Melainkan, Anda harus menurunkan lemak tubuh secara keseluruhan, yang akan menyebabkan pengecilan ukuran payudara.

Nah mari kita simak beberapa cara mengecilkan payudara yang alami, seperti dirangkum Liputan6.com pada Senin (3/9/2018) dari berbagai sumber.

Metode yang Bisa Ditempuh untuk Mengecilkan Payudara
Metode yang Bisa Ditempuh untuk Mengecilkan Payudara
2 of 10

Cara mengecilkan payudara secara alami

1. Lakukan latihan kardio dan latihan kekuatan

Melakukan olahraga secara teratur bisa jadi cara mengecilkan payudara, karena olahraga akan membantu Anda menurunkan lemak di seluruh tubuh Anda, termasuk payudara Anda. Latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan tertentu menargetkan lemak di dada dan tubuh bagian atas.

Fokuslah pada latihan kardio berdampak rendah karena kebanyakan wanita yang memiliki payudara sangat besar tidak dapat melakukan latihan dengan dampak tinggi seperti jogging atau berlari.

Lakukan latihan kardio rendah menggunakan peralatan seperti: sepeda stasioner, treadmill atau elliptical trainer selama 45 menit, minimal 5 hari seminggu. Selain itu, lakukanlah latihan kekuatan khusus untuk membantu mengencangkan otot-otot dada dan mengurangi ukuran payudara.

Contoh latihan ini meliputi classic pushup dan dumbbell bench press. Lakukan latihan ini dengan pengulangan yang tinggi antara 8 sampai 12 pengulangan dalam 2 atau 3 set, beberapa kali dalam seminggu.

Catatan: Saat berolahraga, selalu kenakan bra khusus untuk olahraga yang pas untuk mencegah agar payudara tidak kendur.

Ilustrasi Olahraga dan Angkat Beban (iStockphoto)
Aufra, Fitness Educator dari APKI Mengatakan Bahwa Sebaiknya Perempuan 30 Tahun Harus Melakukan Olahraga Kardio dan Beban (ilustrasi/iStockphoto)
3 of 10

2. Latihan aerobik

Latihan aerobik bisa jadi cara mengecilkan payudara, karena akan mempercepat tingkat metabolisme Anda. Hal ini secara otomatis akanmengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Begitu berat badan Anda mulai berkurang, secara otomatis payudara Anda akan mengecil ukurannya.

Berikut deretan cara mengecilkan payudara dengan aerobik yang bisa Anda pilih:

  • Naik dan turun tangga di rumah
  • Bersepeda
  • Jalan cepat
  • Pastikan Anda memilih salah satu dan melakukannya selama 30 menit, minimal 4 atau 5 kali seminggu.
Redakan Radang Sendi dengan Aerobik
Redakan Radang Sendi dengan Aerobik
4 of 10

3. Pijat

Pijat adalah cara penyembuhan yang telah dilakukan sejak jaman dulu untuk meredakan beberapa penyakit. Metode pijat ini juga bisa jadi salah satu cara mengecilkan payudara Anda. Berikut cara mengecilkan payudara menggunakan metode pijat.

  1. Saat memijat payudara Anda, beri waktu yang sama untuk setiap payudara.
  2. Oleskan minyak zaitun yang hangat atau minyak kelapa pada payudara Anda.
  3. Dengan menggunakan jari tengah dan jari manis, pijat masing-masing payudara dengan gerakan melingkar dan mengarah ke atas selama 10 menit.
  4. Ulangi pemijatan dua kali sehari setidaknya selama 3 bulan untuk melihat hasil pengurangan ukuran payudara Anda.
  5. Anda juga bisa memijat menggunakan krim atau lotion pengecil ukuran payudara.
Apakah Pijat Benar-Benar Dapat  Membesarkan Payudara?
Penasaran apakah pijat benar-benar dapat membesarkan payudara? Simak di sini penjelasannya. (Istockphoto)
5 of 10

4. Jahe

Dalam banyak obat-obatan tradisional, menggunakan jahe adalah salah satu cara mengecilkan payudara. Jahe mampu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh untuk membantu membakar lebih banyak lemak. Hal ini juga mempengaruhi ukuran payudara, karena payudara terbentuk dari jaringan lemak.

Berikut cara mengecilkan payudara menggunakan jahe:

  1. Rebus 1 sendok teh jahe parut dengan 1 cangkir air selama 10 menit.
  2. Saring, lalu tambahkan sedikit madu.
  3. Minum dengan perlahan-lahan.
  4. Minumlah 2 sampai 3 cangkir jahe setiap hari.
Amankah Minum Wedang Jahe Setiap Hari? (Olga Tkachenko/123rf)
Amankah Minum Wedang Jahe Setiap Hari? (Olga Tkachenko/123rf)
6 of 10

5. Teh Hijau

Teh hijau juga efektif dalam membantu menurunkan berat badan dan jadi cara mengecilkan payudara secara alami. Katekin yang ditemukan dalam teh hijau mampu menurunkan berat badan dengan cara menstimulasi tubuh untuk membakar kalori dan menurunkan kadar lemak tubuh. Hal ini membantu mengecilkan payudara besar secara alami. Selain itu, teh hijau mampu mengurangi risiko kanker payudara.

Berikut cara mengecilkan payudara dengan mengonsumsi teh:

  1. Masukkan 1 sendok teh daun teh hijau ke dalam secangkir air panas.
  2. Tutup cangkir dan diamkan selama beberapa menit.
  3. Saring, lalu tambahkan sedikit madu.
  4. Minumlah 3 sampai 4 cangkir teh hijau setiap hari setidaknya selama beberapa bulan.
Teh hijau Copyright healthywomen.org
Teh hijau Copyright healthywomen.org
7 of 10

6. Flaxseed

Mengonsumsi flaxseeds bisa jadi cara mengecilkan payudara karena biji-bijian ini mengandung asam lemak omega-3 yang membantu mengurangi kadar estrogen dalam tubuh. Tingkat estrogen yang tinggi merupakan salah satu penyebab payudara yang membesar. Selain itu, flaxseeds membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh. Terdapat dua metode yang bisa ditempuh sebagai cara mengecilkan payudara dengan flaxseed.

Cara mengecilkan payudara dengan flaxseed pertama:

  1. Tambahkan 1 sendok makan flaxseed ke dalam segelas air panas.
  2. Minumlah sekali sehari.
  3. Cara mengecilkan payudara dengan flaxseed kedua:
  4. Minum 1 sampai 2 sendok makan minyak flaxseed setiap hari.
  5. Lakukan salah satu dari pengobatan ini sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
Flaxseed, Biji Kaya Serat  dengan Segudang Manfaat
Flaxseed, Biji Kaya Serat dengan Segudang Manfaat
8 of 10

7. Putih telur

Putih telur adalah bahan alami lain yang baik sebagai cara mengecilkan payudara dengan cepat dan alami. Putih telur akan membantu Anda mendapatkan payudara yang kencang dan mengetatkan area dada agar payudara Anda terlihat lebih kecil.

Cara mengecilkan payudara dengan putih telur:

  1. Pisahkan putih telur dari bagian kuningnya
  2. Kocok bagian putih telur hingga menjadi tekstur yang halus seperti krim.
  3. Oleskan pasta ini di bagian bawah payudara.
  4. Biarkan selama 30 menit.
  5. Gunakan campuran bawang merah dan air untuk membilas putih telur dengan mencampurkan jus dari 1 bawang merah ke dalam segelas air.
  6. Ulangi perawatan ini sekali sehari selama beberapa minggu untuk mengecilkan dan mengencangkan payudara secara cepat dan alami.
Turunkan Demam dengan Putih Telur, Mitos atau Fakta? (ESB Professional/Shutterstock)
Turunkan Demam dengan Putih Telur, Mitos atau Fakta? (ESB Professional/Shutterstock)
9 of 10

8. Minyak ikan

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat sebagai cara mengecilkan payudara. Asam lemak ini membantu mengurangi kadar estrogen, yang merupakan salah satu penyebab payudara besar. Selain itu, minyak ikan membantu untuk mengurangi berat badan.

Berikut cara mengecilkan payudara yang bisa ditempuh dengan konsumsi ikan.

  • Konsumsilah ikan yang hidup di air dingin seperti salmon, tuna dan mackerel yang kaya akan asam lemak omega-3.
  • Sumber asam lemak omega-3 lain yang baik adalah : kenari, (flaxseed) biji rami, minyak biji rami dan kedelai.
  • Anda juga bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan. Konsultasikan dengan dokter tentang dosis dan pemakaian yang benar.
  • Minyak ikan lebih efektif dalam mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan bila dikombinasikan dengan latihan kardiovaskular atau aerobik.
3. Salmon
Salmon sering dijadikan bahan utama kuliner khas musim gugur di Jepang seperti sushi dan sashimi (Sumber foto: wartabuana.com)
10 of 10

9. Menjalani diet sehat

Melakukan diet sehat dan seimbang akan membantu untuk memanajemen berat badan yang tepat sehingga lemak akan berkurang dari tubuh Anda. Hal ini akan jadi cara mengecilkan payudara secara alami dan cepat.

Berikut tips yang bisa tempuh untuk menjalani diet sehat sebagai cara mengecilkan payudara.

  • Sertakan banyak buah segar dan organik dalam menu makanan Anda. Buah-buahan mengandung kadar air yang tinggi dan mengandung antioksidan yang membantu untuk mengurangi berat badan Anda dan menjadi tetap sehat.
  • Makan lebih banyak sayuran hijau seperti kangkung, brokoli, bayam dan lain-lain.
  • Dapatkan protein Anda dari makanan laut seperti ikan. Karena kadar kalori pada ikan rendah yang akan membantu untuk menurunkan berat badan.
  • Makan lebih banyak kacang-kacangan, yang merupakan sumber energi yang baik dan membantu manajemen berat badan.
  • Kurangi garam, lemak tak sehat dan asupan gula dari makanan Anda.
  • Hindari mengkonsumsi makanan olahan, berlemak dan digoreng.
  • Minum air secukupnya atau jus buah dan sayuran segar. Hindari minuman ringan dan jus dengan pemanis buatan.
Lanjutkan Membaca ↓