Jerawat Akibat Perubahan Hormon Harus Diobati

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 01 Sep 2018, 15:00 WIB
Diperbarui 01 Sep 2018, 15:00 WIB
20160905 Jerawat Wajah
Perbesar
Jerawat harus ditangani segera meski karena perubahan hormon. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Ada kalanya beberapa orang beranggapan jerawat karena perubahan hormon tidak perlu diobati. Toh, nanti jerawat hilang dengan sendirinya.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Bamed Skincare, Jonathan R Subekti, mengungkapkan, anggapan jerawat karena pengaruh perubahan hormon dibiarkan saja itu keliru.

"Walaupun enggak diobati, nanti jerawat makin meradang dan infeksi. Kalau seseorang sudah dewasa susah diobati," ungkap Jonathan saat ditemui di Tjikinii Lima Restaurant, Jakarta, ditulis Jumat (31/8/2018).

Jerawat yang dipengaruhi perubahan hormon memang bisa muncul dan hilang dengan sendirinya. Namun, bukan berarti tidak diobati. Jika remaja 15 tahun punya masalah jerawat, maka harus segera ditangani.

"Langsung saja ke dokter. Nanti dokter akan memberikan obat sesuai kategori usianya. Misal, usia 12 tahun, ya dikasih obat yang sesuai dengan usianya, bukan obat jerawat untuk orang dewasa," lanjut Jonathan.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tidak cukup dengan mencuci wajah

Ilustrasi pria cuci wajah
Perbesar
Hilangkan jerawat, tidak cukup dengan mencuci wajah.

Penanganan jerawat karena perubahan hormon tidak cukup hanya dengan rajin mencuci wajah. Jerawat yang muncul dipicu terjadinya sumbatan, peradangan, dan infeksi pada kulit.

"Ketika sudah punya komedo, itu tandanya kita sudah punya sumbatan. Nanti pasti akan timbul jerawat. Mencuci wajah itu untuk mengurangi sumbatan di kulit," Jonathan menambahkan.

Mencuci wajah tidak bisa menghilangkan jerawat. Apalagi perubahan hormon yang fluktuatif akan membuat kulit makin tersumbat dan peradangan lebih tinggi. Kulit pun membutuhkan perawatan yang tepat untuk menangani jerawat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya