Sukses

7 Aktivitas Fisik Sederhana Untuk yang Tak Sempat Olahraga

Rutinitas yang padat membuat orang jadi malas berolahraga. Namun, ada beberapa cara menyiasati kegiatan sehari-hari supaya tubuh bisa beraktivitas secara fisik

Liputan6.com, Jakarta Seseorang paling tidak butuh 30 menit aktivitas fisik dalam sehari untuk tetap sehat. Namun, banyak orang yang kesulitan untuk memasukkan kegiatan tersebut dalam rutinitas harian mereka.

Walaupun begitu, ada beberapa cara sederhana untuk "menyelipkan" sedikit aktivitas fisik di tengah padatnya rutinitas Anda. Dilansir dari Step to Health pada Kamis (30/8/2018), berikut ini beberapa tips mudah tersebut.

1. Berjalan sebelum naik transportasi publik

Jika menghabiskan waktu menggunakan angkutan umum untuk pergi dan pulang kerja seperti kereta api atau bus, kemungkinan Anda menghabiskan beberapa menit menunggu untuk berpindah dari satu transportasi ke yang lainnya, atau bosan saat terjebak macet.

Manfaatkan hal ini dengan aktivitas fisik yang bisa mencegah kebosanan. Cobalah turun beberapa pemberhentian lebih awal dari yang direncanakan, kemudian berjalan sampai ke tujuan.

2. Naik tangga

Jika Anda bekerja di bangunan yang lebih dari satu lantai, cobalah menaiki tangga untuk meningkatkan aktivitas fisik meskipun hanya satu lantai.

Kebiasaan ini awalnya memang melelahkan, namun jika dilakukan teratur, kaki akan menjadi kuat dan meningkatkan pernapasan. Jika belum terbiasa, mulailah dengan perlahan dan jangan paksakan diri.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengurangi stres

3. Naik sepeda

Jika Anda tidak suka menghabiskan waktu dengan berjalan kaki, cobalah gunakan sepeda untuk pergi bekerja. Jangan lupa untuk memakai helm, bantalan siku dan juga lutut untuk mengurangi risiko jika terjatuh.

Bersepeda juga mampu meningkatkan keterampilan motorik dan mengurangi tingkat stres juga kolesterol.

4. Membantu membersihkan rumah

Banyak orang yang tidak suka melakukan pekerjaan rumah tangga. Namun, hal tersebut adalah salah satu aktivitas fisik yang baik. Jika malas untuk berjalan kaki, cobalah mengepel, menyapu, bekerja di kebun, atau mengatur dapur.

5. Bermain

Jika Anda memiliki anak, cucu, saudara, sepupu, atau keponakan yang masih kecil, mereka penuh energi dan sulit berhenti bergerak. Bermainlah dengan mereka.

Ini juga memungkinkan orang dewasa untuk mengawasi mereka dan bersantai. Selain itu, bermain dengan anak-anak bisa menciptakan hubungan yang lebih baik. Namun, permainan yang dimaksud bukan bermain gim atau menonton film.

Pilihlah yang melibatkan bergerak dan menggunakan energi seperti sepak bola, renang, atau berlarian di taman.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

3 dari 3 halaman

Sambil melakukan hal lain

6. Berjalan ketika sedang menelpon

Anda masih bisa beraktivitas fisik sambil menelpon, salah satunya dengan berjalan. Namun, hal tersebut tidak dilakukan di jalan raya. Lakukan itu di ruang tamu dan pastikan tidak ada benda-benda yang mengganggu Anda.

7. Olahraga sambil menonton televisi

Jika Anda suka menonton televisi namun ingin tetap sehat, lakukanlah olahraga sambil menonton acara favorit. Paling tidak, satu episode serial favorit berdurasi satu jam. Hal tersebut sempurna untuk meningkatkan aktivitas fisik.

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan antara lain menggunakan sepeda statis, yoga, jogging di tempat, atau melakukan olahraga sederhana selama jeda komersial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.