Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Waspada Penyakit Menular Seksual yang Bikin Kulit Kelamin Busuk

Seorang wanita Inggris menderita donovanosis, penyakit menular seksual (PMS) yang merusak jaringan kulit kelamin dan berujung membuat kulit kelamin membusuk.

Liputan6.com, Inggris Penyakit menular seksual (PMS) bernama donovanosis dialami seorang wanita di Southport, Inggris. Penyakit tersebut termasuk penyakit langka yang dapat merusak jaringan alat kelamin (genital).

Wanita yang tak disebut namanya ini mengalami donovanosis selama setahun terakhir. Dari laporan media lokal, Liverpool Echo, wanita itu berusia antara 15 dan 25 tahun.

Donovanosis disebabkan bakteri, yang disebut Klebsiella granulomatis, menurut National Institutes of Health (NIH). Penyakit ini jarang terlihat di Amerika Serikat. Hanya sekitar 100 kasus yang dilaporkan per tahun.

Sebagaimana dilansir dari Live Science, Selasa (28/8/2018), serupa dengan Amerika Serikat, donovanosis juga jarang terjadi di Inggris.

Penyakit menular seksual donovanosis umum terjadi di beberapa daerah tropis, termasuk India, Papua Nugini, Karibia, Australia Tengah, dan Afrika bagian selatan, laporan Centers for Disease Control and Prevention.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisul dan kulit membusuk

Berdasarkan data SA Health, sistem kesehatan masyarakat di Australia Selatan, donovanosis ditandai dengan munculnya luka kecil yang tidak nyeri berupa bisul pada alat kelamin. Bisul perlahan-lahan bertambah besar dan berubah menjadi benjolan merah yang mudah berdarah.

Ketika penyakit menyebar, hal itu dapat menghancurkan jaringan genital dan menyebabkan kulit di sekitar area kelamin kehilangan warna.

"Infeksi menyebabkan lesi (jaringan abnormal) dan kehancuran kulit--yang membuat kulit membusuk," jelas apoteker Chemist 4 U, Shamir Patel.

Pada tahap akhir, gejala dapat terlihat, seperti kanker genital lanjut. Donovanosis menyebar melalui hubungan seksual. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi juga dapat menyebar melalui seks oral.

NIH mencatat, gejala dapat muncul antara satu dan 12 minggu setelah terpapar bakteri.

3 dari 3 halaman

Obat antibiotik

Donovanosis dapat diobati dengan antibiotik, yang biasanya perlu diminum selama beberapa minggu. Obati penyakit secara dini dapat mengurangi risiko komplikasi, termasuk kerusakan genital dan jaringan parut.

Berita tentang kasus wanita yang terkena donovanosis muncul setelah Chemist-4-U.com mengajukan permintaan Freedom of Information Act Inggris untuk penyelidikan terhadap penyakit menular seksual di negara tersebut.

Hingga berita ini dibuat, tidak jelas, bagaimana wanita itu terinfeksi atau jika dia mengalami komplikasi dari donovanosis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.